Apa itu Kesenian Barong Bali?

by
March 20th, 2015 at 9:01 am

CiriCara.com – Keindahan di pulau Dewata Bali sangat menakjubkan sehingga banyak turis lokal dan mancanegara untuk singgah di Pulau tersebut, tidak hanya untuk sekedar jalan-jalan akan tetapi sekaligus menikmati pantai-pantai yang ada di sana. Tidak saja keindahan yang terkenal di dunia itu, juga kesenian berupa sendratari yang terkenal dan sangat memukau, berbagai kesenian sering dipentaskan di Bali sendiri ataupun di luar Bali. Ada seni tari yang sangat perlu dinikmati dan memukau yaitu seni tari Barong Bali, kesenian tersebut merupakan sebuah tarian tradisional Bali yang ditandai dengan sebuah Topeng serta kostum yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang untuk menariknya.

barong bali

Barong Bali – Ist

Kehadiran Barong Bali yang sampai saat ini masih dilestarikan karena mitos dan kepercayaan masyarakat Bali, bahwa masyarakat Bali sangat mempercayai kepada mahluk-mahluk halus yang menguasai alam gaib di Lautan Selatan Bali yang beristanakan di Pura Dalem Ped Nusa Penida. Dikala itu ada seorang pendeta yang sakti mandraguna yang merupakan pesaing dari Kakek Sarung menyarankan kepada masyarakat untuk membuat Pathung yang mirip Ratu Gede Mecaling yaitu sosok yang tinggi besar bertaring serta hitam legam, kemudian mengaraknya keliling desa (ciri-ciri tersebut sosok yang kini Barong Bali). Rupanya mahluk-mahluk halus tersebut ketakutan karena melihat tiruan dari Ratu Gede Mecaling (RGM) tersebut, hingga akhirnya diceritakan para mahluk halus tersebut menyingkir. Dan sekarang dan menjadi tradisi banyak desa secara berkala mengarak Barong Bali untuk menangkal malapetaka.

Barong yang diibaratkan oleh masyarakat Bali sebagai mahluk halus ternyata ada beberapa jenis:

  1. Barong Keket. Merupakan ciri barong yang sosoknya menjulang tinggi, dan menyerupai manusia tingginya dua kali tinggi badan orang dewasa. Sosok tersebut dinamakan Jero Gede, pasangannya dinamakan Jero Luh. Kabarnya barong jenis ini dapat mengelebaui mahluk halus yang menyebar malapetaka. Barong Keket merupakan perpaduan antara singa, sapid an macan serta naga dan pertunjukan Barong Keket seringkali dipentaskan.
  2. Barong Bangkal. Sosok barong tersebut menyerupai seekor babi dewasa, dinamakan Bangkal sedangkan yang betina dinamakan bangkung, atau kadang barong seperti ini disebut dengan Barong Bangkung. Biasanya dipentaskan dengan cara menari dari pintu ke pintu berkeliling desa pada saat perayaan hari raya Galungan-Kuningan, barong tersebut ditarikan oleh dua orang penari dan diiringi oleh tetamburan.
  3. Barong Landung. Barong jenis ini hanya ditarikan oleh seorang saja, kadang barong tersebut diberi peran sebagai mantra, permaisuri, dayang dan sebagainya dan pengiringnya adalah gamelan Batel, dan barong Landung mirip dengan Ondel-Ondel khas Betawi
  4. Barong Macan. Barong tersebut menyerupai seekor macan, dan barong tersebut cukup terkenal di masyarakat Bali. Kadang pementasan barong macan berbarengan dengan barong bangkal, dan dipentaskan berkeliling kampung kadang juga dibarengkan dengan pementasan dramtari seperti opera tradisional, ditarikan oleh dua penari dan diiringi dengan gamelan batel.

Masih banyak tentang jenis-jenis Barong Bali yang cukup terkenal di Bali seperti Barong Kedingling, Barong Gajah, Barong Asu dan Barong Brutuk. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Comment di sini