Cara Mengatasi Rasa Takut Pada Hantu

by
March 20th, 2015 at 3:12 pm

CiriCara.com – Kamu nggak berani malem-malem tidur sendirian? Kamu juga kalo ke toilet pasti minta dianterin dan ditungguin sampai selesai? Duh, ini nih akibatnya kalau kamu terlalu takut sama yang namanya hantu. Mau apa-apa pasti minta ditemenin.

rasa takut

Takut – Ist

Kan kasihan saudara atau orang tua kamu yang harus bangun tengah malem cuma buat nemenin kamu ke toilet. Begadang buat nonton pertandingan sepakbola sih masih oke. Tapi kalau begadang cuma buat nemenin orang ke toilet, apa enaknya? Mendingan juga tidur.

Memiliki rasa takut akan suatu hal itu memang hal yang wajar, apalagi takutnya sama hantu. Tapi kalau kamu udah nggak bisa ngatasin rasa takut kamu, yang ada nanti kamu malah jadi rugi sendiri. Misalnya kamu jadi sakit gara-gara nahan kecing sampe pagi karena tadi malem nggak ada yang mau nemenin.

Nggak mau terus-terusan takut sama hantu? Yuk simak cara berikut ini:

1. Yakinkan diri

Kamu perlu tahu bahwa manusia dan hantu itu ada di alam yang berbeda. Itu artinya, hantu tidak akan bisa mengganggu manusia, begitu juga sebaliknya. Sosok bayangan, pocong, kuntilanak itu hanya proyeksi dari ketakutan kamu sendiri. Hantu itu tidak bisa membunuh manusia seperti yang diceritakan di film. Jadi buat apa kamu takut?

2. Alihkan pikiran

Cobalah untuk mengalihkan pikiran kamu saat rasa takut itu muncul. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan karena pikiran kamu terus membuat kamu membayangkan hantu, hantu, dan hantu. Tapi coba deh kamu inget-inget hal yang menyenangkan besok atau dulu, dengan demikian pikiran kamu akan teralihkan dan rasa takut itu akan berkurang.

3. Nyalakan lampu

Rasa takut itu akan reda dengan sendirinya jika kamu berada di tempat yang terang. Jadi, saat kamu merasa takut ke kamar mandi, kamu bisa ambil senter untuk menerangi jalan agar kamu tidak menduga-duga ada hantu di depan. Tempat yang terang akan mencegah kamu berpikir dan berkhayal yang tidak-tidak.

4. Berdoa

Dengan berdoa hati akan terasa tenang dan tentram. Dengan berdoa, kamu juga bisa mengatasi rasa takut kamu. Tentunya kamu juga harus yakin dengan doa tersebut. Kalau kamu tidak yakin, ya pasti rasa takut itu tidak akan hilang dan justru akan semakin bertambah.

5. Berkata dalam hati

“Kenapa aku harus takut? Aku kan tidak mengganggu” “Ah tidak ada apa-apa. Paling cuma tikus, kecoa, dll”. Ucapkan kata-kata motivasi tersebut di dalam hati. Maka kamu akan merasa lebih tenang dan tidak takut lagi.

Semoga berhasil ya!

(YG)

Artikel terkait: Ciri-Ciri Rumah Kamu Ada Hantunya.

Comment di sini