Cara Mudah Berhenti Merokok

by
March 20th, 2015 at 9:31 am

CiriCara.com – Sesuatu yang sering dilakukan biasanya cukup sulit ditanggalkan. Demikian halnya jika seseorang telah terbiasa menghisap rokok. Meski sadar dampak buruknya. Namun, hampir rata-rata mereka sulit untuk menghentikan kebiasaan yang tidak sehat tersebut. Kalau kamu merasa sulit untuk berhenti merokok. Coba deh tips berhenti merokok berikut ini.

berhenti merokok / Ist

berhenti merokok / Ist

Minta bantuan orang terdekat

Beritahukan orang-orang terdekat kamu bahwa kamu berniat untuk berhenti merokok. Minta mereka untuk selalu mengingatkan niat kamu untuk berhenti merokok. Minta juga mereka yang memang pecandu rokok untuk tidak merokok di depan kamu atau meninggalkan rokok di depan kamu.

Atur target waktu

Jika sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan target waktu untuk benar-benar bisa berhenti merokok. Mungkin cukup sulit bagi kamu untuk langsung berhenti begitu saja. Jika kamu ingin berhasil untuk berhenti merokok kamu bisa mulai dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, namun kamu juga diharuskan untuk menentukan waktunya.

Mulai dengan cara yang mudah

Cara berhenti merokok dengan mudah bisa kamu lakukan dengan cara memberikan tanda untuk keadaan kamu. Jika kamu sedang dalam kondisi yang sangat stres kamu diperbolehkan untuk merokok namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Kamu bisa merokok dengan kadar yang dikurangi, jadi tidak sama dengan porsi sebelumnya.

Hindari aktivitas yang bisa membuat kamu merokok

Misalnya seperti minum kopi, alkohol, begadang, dll. Namun, jika kamu tidak mampu untuk menghindari itu semua kamu bisa memulai untuk mengonsumsi buah-buahan.

Cari kesibukan

Sibukkan diri kamu dengan aktivitas. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan untuk merokok lagi.

Minum air mineral

Mengonsumsi air mineral dapat membuang racun rokok dalam tubuh kamu dengan cepat. Selain itu mengonsumsi air mineral juga bisa membantu kamu untuk berhenti merokok. Pasti tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan air mineral.

Sibukkan diri kamu setelah makan

Banyak perokok yang setelah makan lebih memilih untuk menghisap rokok. Kebiasaan ini harus dihindari dengan cara setelah makan langsung pergi untuk menggosok gigi, dengan begitu kamu bisa melupakan keinginan untuk merokok setelah makan. Meskipun agak berat, namun jika kamu lakukan secara rutin dan bertahap, maka kamu pun akan terbiasa dengan itu semua.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini