Gerhana Matahari Hari Ini Pertanda Kiamat?

by
March 20th, 2015 at 10:46 am

CiriCara.com – Gerhana matahari total dilaporkan akan terjadi pada Jumat (20/3/2015) hari ini. Fenomena alam ini akan terjadi di beberapa wilayah di Eropa. Tidak hanya itu, menurut salah satu tradisi, gerhana matahari ini juga dipercaya adalah pertanda hari kiamat.

gerhana matahari

Gerhana matahari – Ist

“Dalam tradisi bangsa tertentu, gerhana matahari total pada hari itu adalah sebuah peringatan bagi warga dunia dan tanda penghakiman terhadap manusia,” kata salah seorang pemuka agama seperti dilaporkan The Independent, Kamis (19/3/2015).

Diprediksi kegelapan akan terjadi di negara-negara Eropa Utara seperti Inggris dan juga Swedia. Diperkirakan gerhana matahari total tersebut akan mulai terjadi antara jam 8 sampai dengan jam 11, waktu Inggris.

Kehebohan gerhana matahari kali ini juga karena diperkirakan pada waktu yang sama akan terjadi fenomena alam lain. Menurut para ahli, Jumat ini juga akan jadi hari pertama musim semi equinox yang terjadi 100 ribu tahun sekali.

Tidak hanya itu, para ahli pun memprediksi akan ada supermoon atau gerhana bulan besar karena jaraknya yang dekat dengan bumi. Dan gerhana itu juga akan menjadi hari pertama dari kalender orang Yahudi.

Adanya tiga fenomena alam dalam satu waktu membuat banyak orang heboh. Sejumlah pengguna media sosial di Eropa pun mulai ramai membahas fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. Beberapa di antaranya ada yang percaya bahwa hal itu memang merupakan pertanda kiamat.

Meskipun demikian, isu pertanda kiamat tersebut sudah dibantah oleh para ilmuwan. Mereka lebih percaya bahwa fenomena alam yang terjadi hampir bersamaan itu hanyalah gejala alam yang biasa.

Sebelumnya, kabar dunia akan kiamat itu memang sudah sering mencuat. Namun hingga hari yang diramalkan tersebut, ternyata tidak terbukti. Salah satunya ramalan kiamat pada 21 Desember 2012 lalu yang ternyata tidak terbukti.

Banyak tokoh, ilmuwan, atau agamawan yang sering mengaiktkan gerhana dengan kiamat. Namun semua teori tersebut masih belum diketahui kepastiannya. Tidak ada yang tahu pasti kapan kiamat itu akan datang.

Terlepas dari isu kiamat di atas, ada baiknya jika kita tidak gampang percaya dengan isu yang tidak jelas. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini