19 Jejaring Sosial Selain Facebook

by
March 23rd, 2015 at 1:44 pm

CiriCara.com – Apabila orang yang beraktivitas dalam netizen yang massif di internet, pasti social networking jawabannya. Dan jika berbicara tentang media sosial yang kini kian menjamur dan dapat di uplod pada media pada smartphone, iPhone dan lain sebagainya adalah jejaring berupa Facebook.

sosial media

Ist

Tetapi di luaran sana masih banyak jejaring sosial yang terkadang belum diketahui oleh khalayak. Berikut ada beberaja jejaring sosial yang banyak penggunanya selain Facebook yang kini telah dimiliki oleh 1 milyar pengguna dan merupakan terbesar di jagad raya ini:

  1. Twitter. Microblogging memiliki hampir setengah milyar penggunanya atau setengah dari pengguna Facebook yang didirikan sekitar tahun 2006. Kemunculan Twitter mendapat respon di hati kalangan netizen khususnya para pengguna mobile.
  2. Google+ Sekarang sepertinya Google+ tergiur untuk terjun ke jejaring sosial, dan kini media sosial Google+ mempunyai 400 juta pengguna.
  3. Weibo. Weibo atau Sina Weibo adalah Twitternya made in Cina, didirikan sekitar bulan Agustus 2009, saat ini dimiliki oleh 300 juta pengguna.
  4. RenRen. Apabila Twitter milik Amerika Serikat, dan di Cina memiliki Facebook sendiri namanya RenRen, yang didirikan sekitar tahun 2005 dan sekitar 250 juta pengguna memiliki media sosial tersebut.
  5. LinkedIn. Jejaring sosial jenis ini merupakan jejaring sosial pekerja professional, grup pada jejaring sosial ini terdiri dari orang-orang yang bekerja di perusahaan, dan media sosial ini memiliki 175 juta pengguna.
  6. Badoo. Jejaring sosial Badoo merupakan jejaring sosial sebagai social discovery website, didirikan sekitar tahun 2006 dan memiliki 100 juta pengguna.
  7. Instagram. Jejaring sosial ini memiliki harga yang lumayan fantastis yaitu sebesar 1 milyar dolar, jejaring sosial ini sering terkenal dengan mengolah gambar, dan saat ini memiliki 100 juta pengguna.
  8. Yelp. Jejaring sosial ini sering disebut dengan jejaring sosial berbasis lokasi, dan pengguna jejaring sosial ini sekitar 84 juta pengguna.
  9. Tumblr. Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog, pesaing dengan WordPress ataupun Blogger, dan saat ini memiliki 81 juta pengguna.
  10. Flickr. Jejaring sosial ini berbasiskan mengunggah foto, flickr masih menjadi tempat favorit para pecinta fotografi, saat ini memiliki 75 juta pengguna.
  11. Orkut. Orkut ini merupakan jejaring sosial milik mbah Google, walaupun penggunanya masih sedikit, tetapi mempu menarik 66 juta pengguna.
  12. MySpace. Merupakan jejaring sosial yang masuk ke ranah musik, dan memiliki 25 juta pengguna.
  13. Foursquare. Masih berbasis lokasi, jejaring sosial ini memiliki 25 juta pengguna dan mampu menembus 3 milyar chek-in.
  14. Pinterest. Jejaring sosial yang masih baru ini sepertinya mampu meraup pengguna 25 juta jiwa, dan sering disebut dengan situs pin online.
  15. Soundcloud. Jejaring sosial ini sering disebut dengan media sosial audio, didirikan sekitar bulan Agustus 2007 dan saat ini memiliki 20 juta pengguna.
  16. XING. Hampir mirip dengan LinkedIn, karena sering digunakan oleh kaum muda dan professional, dan saat ini memiliki 12 juta pengguna
  17. Friendster. Jejaring sosial ini sempat menjadi primadona, tetapi sekarang pindah haluan sebagai media sosial khusus game dan memiliki 8,2 juta pengguna.
  18. Path. Jejaring sosial sering disebut dengan smart jounal online, media sosial ini menghubungkan antara pengguna keluarga, kerabat dan sahabat dan saat ini memiliki 5 juta pengguna.
  19. GetGlue. Jejaring sosial ini pernah populer di Indonesia, tetapi tenggelam dan jarang terdengar lagi, media sosial ini memiliki 3 juta pengguna.

Penulis: MasArif

Comment di sini