Apa itu Tanaman Ketepeng Cina?

by
March 23rd, 2015 at 10:28 am

CiriCara.com – Ketepeng Cina atau Cassia Alata merupakan tanaman jenis perdu yang besar dan biasanya tumbuh secara liar di tempat-tempat yang lembab. Tanaman jenis ini mempunyai daun yang besar dengan bentuk bulat telur yang letaknya berhadapan satu sama lain dan terurai lewat ranting (bersirip genap).

ketepeng cina

Ketepeng Cina – Ist

Nama ketepeng Cina pada daerah lain mempunyai nama yang berbeda-beda seperti Seven golden candlestick (Inggris), Ketepeng Kebo (Jawa), Ketepeng badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera), Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore), Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kap (Sumatera). Tanaman ini tumbuh subur bila pada dataran rendah dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut (dpl), kini tanaman yang bermanfaat dan berkhasiat tersebut sering dipelihara dan sebagai penyejuk halaman rumah atau gedung.

Menurut para ahli herbal, Ketepeng Cina tersebut mangandung berbagai senyawa kimia yang mempunyai khasiat yang bagus bagi kesehatan, senyawa tersebut seperti: Rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-daintron, reinaloe-emodina, asam krisofanat dan tannin.

Khasiat tanaman Ketepeng Cina

Tanaman ketepeng cina mempunyai khasiat yang berguna untuk kesehatan, sebagai obat herbal yang sekarang ini baru dikenal di Indonesia, daun tanaman ini mempunyai rasa pedas dan hangat sehingga dapat berfungsi sebagai insektisida, dapat menghilangkan gatal-gatal, sebagai obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Resep tanaman Ketepeng Cina

  • Bila terkena herpes simpleks, caranya yaitu ambil daun ketepeng secukupnya, digiling halus kemudian ambilah sarinya, gosok-gosokan pada pada bagian yang luka sebanyak yang diperlukan.
  • Bila terkena kadas, ambil lima daun ketepeng, kemudian digiling halus, setelah halus gosok-gosokan pada bagian kuliat yang terkena kadas tersebut sampai rata pada daerah sekeliling kulit yang terkena kadas, lakukan setiap hari.
  • Bila terkena kurap, ambilah lima daun ketepeng, digiling halus kemudian gosok-gosokan pada bagian kulit yang kurapan, lakukan sehari dua kali berturut-turut.
  • Bila terkena sebelit, ambil tujuh daun muda ditambah 2 gelas air, kemudian didihkan sampai menjadi 1 gelas, kemudian diminum sekaligus.
  • Bila sariawan, ambil empat lembar daun dicuci kemudian dikunyah dengan diberi garam secukupnya, kemudian airnya ditelan, ampasnya dibuang.
  • Cacingan, ambil tujuh lembar daun ditambah asam secukupnya, ditambah 2 sendok teh bubuk akar kelembak, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas saja, saring kemudian diminum hangat-hangat.

Penulis: MasArif

Comment di sini