Sekilas Tentang Instagram

by
March 23rd, 2015 at 3:30 pm

CiriCara.com – Di dunia jenis jejaring sosial sudah mencapai 20 jenis dan jejaring sosial yang menduduki peringkat satu dunia dan mempunyai banyak pengguna sekitar 1 milyar masih dipegang oleh jejaring sosial Facebook. Tetapi jenis jejaring sosial selain Facebook yang kini sedang cetar membahana badai adalah Instagram karena mempunyai harga yang lumayan fantastis yaitu 1 milyar dollar dibandingkan jenis jejaring sosial lainnya. Jejaring sosial ini dikatakan sebagai aplikasi berbagai foto, dan di Indonesia juga lambat laut semakin terkenal.

instagram

Instagram – Iststagram

Fungsi jejaring ini (Instagram) memungkinkan mengambil foto, menerapkan filtar digital dan membagikanya ke berbagai layanan jejaring sosial dan termasuk milik layanan pada Instagram sendiri. Salah fungsi unik pada jejaring ini adalah memotong foto menjadi bentuk persegi dan sesuka hati, sehingga akan nampak dan terlihat seperti hasil jepretan kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini dapa membekdan dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan dengan kamera pada peranti mobile.

Aplikasi Instagram dapat dipakai pada iPhone, Ipod Touch, iPad versi bebas tetapi harus mempunyai sistem operasi iOS.3.1.2 atau yang produk terbaru serta telepon genggam tipe Android apapun juga dengan tambahan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan aplikasi ini juga dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play (cukup canggih kan)

Sejarah berdirinya Instragram buah dari perusahaan Burbn.Inc sekitar tahun 2010, perusahaan yang berteknologi startup hanya memfokuskan pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Awalnya Burbn.Inc, sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam masalah HTML5 piranti mobile, nama kedua CEO di perusahan tersebut memutuskan untuk satu fokus saja, maka terbentuklah produk Instagram, yang berasal dari kata “insta” berasal dari kata “instan” artinya menampilkan foto-foto secara instan. Sedangkan kata “gram” berasal dari kata “telegram” yaitu cara kerja mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Dengan demikian bahwa Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat.

Adapun fitur-fitur pada Instagram,

  • Pengikut. Sistem sosial di dalam aplikasi instagram adalah dengan mengikuti akun pengguna yang lain, dengan demikian komunikasi sesame penggunanya dapat terjalin dengan memberikan tanda ‘suka’ dan juga mengomentari foto-foto yang diungguh oleh pengguna lainnya.
  • Mengunggah foto. Kegunaan adalah sebagai tempat mengunggah foto-foto kepada pengguna yang lain. Dan foto yang ingin ditampilkan diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang tersimpan dalam album foto di iDevice.
  • Kamera. Foto yang telah terambil oleh aplikasi Instagram dapat disimpan di iDevice tersebut. Dengan menggunakan kamera dapat digunakan efek-efek yang ada,untuk pengaturan pewarnaan dari foto yang dikehendakinya. Adapun foto-foto yang diungguh melalui Instagram tidak terbatas jumlahnya, tetapi pada aplikasi ini mempunyai keterbatasan dalam ukuran foto.
  • Efek foto. Pada awalnya Instagram memiliki 15 efek foto, dan efek tersebut dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977 dan Lord Kelvin, dan ada tambahan lagi seperti Valencia, Amaro, Rise, Hudson. Dalam pengaplikasian efek para pengguna juga dapat mudah menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek.
  • Judul foto. Setelah foto tersebut disunting maka foto tersebut dapat diungguh kedalam Instagram ataupun ke jejaring sosial lainnya.
  • Arroba. Seperti halnya Twitter dan juga Facebook, di Instagram mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk menyinggung pengguna lainnya dengan menambah tanda arroba (@) dan memasukan nama akun Instgram pada pengguna tersebut.

Demikian tentang instagram dan sekilas tentang fitur-fitur yang terdapat pada jejaring sosial tersebut.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Fakta Menarik Tentang Instagram.

Comment di sini