Seputar Tentang Buah Aprikot

by
March 23rd, 2015 at 1:18 pm

CiriCara.com – Pernah dengar yang namanya buah aprikot? Yah mungkin buah dengan nama satu ini jarang terdengar secara umum. Namun, buah ini mulai banyak yang diperbincangkan karena ternyata dapat membantu dan mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat bagus bagi perawatan kulit.

buah aprikot

Buah Aprikot – Ist

Buah ini berbentuk bulat dan memiliki ukuran kurang lebih seperti buah duku. Berwarna kuning dan menarik perhatian, namun ternyata mempunyai manfaat yang banyak loh bagi tubuh. Yuk disimak beberapa hal seputar buah aprikot.

1. Banyak Mengandung Mineral

Buah berwarna kuning atau oranye satu ini ternyata mempunyai kandungan mineralnya yang cukup tinggi. Salah satu contoh mineral yang terkandung dalam buah satu ini adalah mineral berupa zat besi dan tembaga. Dimana sudah kita ketahui bahwa dua jenis mineral ini dapat membantu dalam proses sintesis atau pembuatan hemoglobin (Hb) tubuh. Berarti buah satu ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita sakit anemia.

2. Sangat Kaya Akan Nutrisi

Tidak hanya mineral saja yang terkadung dalam buah aprikot. Kandungan Nutrisi dalam buah aprikot sangat banyak. Misalnya kira-kira dalam sebuah aprikot yang berukuran skeitar 40-50 gram terkandung 17 kalori, 0,5 protein 3 gram gula, 1 gram lemak tanpa kolestrol, 17 kalori dan masih banyak kandungan lainnya. Dan sudah kita ketahui sbeelumnya kandungan nutrisi tersebut sangat berguna dan bermanfaat serta diperlukan oleh setiap tubuh manusia.

3. Mengandung Karotenoid

Yah, karena warnanya yang kuning, ternyata dalam buah aprikot terkandung karotenoid. Apa fungsi karotenoid? Karotenoid adalah suatu akntioksidan yang sangat penting dan dan membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu, karotenoid juga berfungsi dalam melindungi tubuh dari beberapa penyakit kanker yang bersifat ganas serta dapat membantu mengurangi kolestrol yang bersifat jahat dalam tubuh.

4. Minyak Aprikot

Selain kandungan nutrisi yang disebutkan dalam buah aprikot, aprikot ternyata dapat diolah untuk diambil minyaknya. Apa sih fungsi inyak aprikot? Tentunya untuk merawat kulit, menjaga kelembapan kulit serta mengobati atau mengurangi penyakit seperti kudis dan eksim.

Walaupun jarang terdengar, ternyata aprikot memiliki manfaat yang banyak ya guys. Bisa jadi buah rekomendasi nih. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini