7 Tempat Menyelam Paling Keren di Indonesia

by
March 24th, 2015 at 2:53 pm

CiriCara.com – Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki banyak pilihan wisata laut. Pemandangan pantai yang berhias cuaca hangat dan adanya taman bawah laut yang menyimpan beragam jenis biota air. Kerap menjadi pilihan paling sering untuk dijadikan tujuan liburan.

bunaken

Snorkeling di Bunaken – dok.Khatulistiwa.info/Reza Sawawi

Berikut tujuh wisata taman laut terbaik di nusantara.

1. Bunaken

Taman bawah laut yang paling terkenal milik nusantara ini letaknya di Sulawesi Utara. Telah terbukti pesonanya memikat pengunjung dalam negeri hingga mancanegara. Kamu dapat bertemu dengan aneka ragam jenis satwa laut, terumbu karang yang menawan, serta air laut yang masih jernih.

2. Raja Ampat

Kalau kamu perhatikan peta Indonesia dan melihat bentuk pulau Papua yang seperti kepala burung. Raja Ampat terletak persis di pucuk kepala burung, yaitu provinsi Papua Barat. Harta karun tersembunyi dari timur Indonesia menyimpan keindahan yang tak tanggung-tanggung. Kamu akan segera terpikat melihat pemandangan yang indah membentang sepanjang mata kamu memandang. Sebab kamu dapat menyapu pandang pada empat pulau besar yang menjadi daya tarik bagi para penyelam, yaitu Pulau Wageo, Pulau Misol, Pulau Batanta dan Pulau Salawati. Selain itu, Raja Ampat juga dihiasi dengan sekitar 1.000 pulau kecil.

3. Wakatobi

Wakatobi merupakan singkatan dari Wangi, Kaledupa, Tomia, da Binongko yang memiliki 3.00 jenis spesies ikan laut dan 600 jenis terumbu karang. Sudah tidak mungkin diragukan, Wakatobi menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyelam.

4. Karimunjawa

Merupakan pulau kecil yang terpisah dari provinsi Jawa Tengah, terletak di Kabupaten Jepara. Meski demikian Karimunjawa memiliki 69 jenis terumbu karang dan 353 spesies ikan. Ketika datang ke Karimun kamu juga dapat menikmati wisata yang menantang adrenalin, dengan berenang bersama bayi hiu. Karena beberapa masyarakat lokal memiliki penangkaran Hiu.

5. Pulau Komodo

Letaknya di Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Taman Laut Nasional ini memiliki tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar dan juga beberapa pulau kecil. Selain sebagai tempat penangkaran salah satu reptile yang dilindungi, yaitu komodo. Taman Nasional ini juga menyimpan kekayaan alam yang mewah, yaitu 1000 jenis ikan dan terumbu karang cantik berwarna-warni.

6. Pulau Seribu

Seperti namanya terdapat banyak pulau-pulau kecil di Pulau Seribu. Beberapa pulau yang terkenal, ialah Pulau Kelapa, Harapan, Pramuka, Pari, Macan, dan Tidung.

7. Lombok

Liburan kamu akan sangat menyenangkan ketika kamu memilih datang ke Lombok. Ada tiga pulau paling terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di Gili Trawangan kamu dapat menikmati penyelaman dengan melihat hiu-hiu karang dan Coral Fan, tempat terumbu karang berwana hitam dan kuning. Sedangkan tempat menarik di Gili Meno, ada Meno Wall dan Bounty Wreck. Di Bounty Wreck kamu dapat melihat kapal karam di bawah laut. Di Gili Air kamu dapat menemukan pemandangan yang tak kalah mempesona, yaitu Air Wall yang menyimpan kekayaan terumbu karang bewarna kuning oranye dan Hans Reef, tempat berkumpulnya ikan-ikan nemo kecil berwarna-warni nan rupawan.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini