Apa itu Bolaang Mongondow?

by
March 24th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Suku Bolaang Mongondow merupakan salah satu suku di Indonesia yang mendiami di provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo. Nama Bolaang berasal dari kata “Bolango” atau “Bolangon” yang berarti laut. Atau dapat diartikan sebagai terang atau terbuka dan tidak gelap, akan tetapi secara istilah bahwa pengertian tersebut berarti perkampungan yang ada di laut. Sedangkan Mongondow berarti perkampungan yang berada di hutan atau gunung.

Suku Mangondow

Suku Mangondow – Ist

Menurut sejarahnya bahwa Suku Bolaang Mongondow (BM) berasal dari cikal bakal nenek moyang Gumalangit dan Tendeduata, serta pasangan Tumotoibokat dan Tumotoibokat yang mendiami di gunung Komasan. Masing-masing pasangan tersebut menurunkan generasinya yang menjadi suku Mongondow. Sehingga jumlah populasinya makin bertambah setiap tahun, karena penyebaran yang begitu merata dari suku tersebut, ke beberapa daerah seperti Tudu in Lombagin, Buntalo, Pondoli’, Ginolantungan, Tudu in Passi, dan lain sebagainya.

Sebagian besar masyarakat Bolaang Mongondow mempunyai pekerjaan sehari-hari sebagai pemburu, menangkap hewan, mengolah makanan pokok, bertanam sagu dan mencari umbi di hutan, dan pada umumnya mereka belum mengenal cara bercocok tanam secara modern. Dalam aktivitas sehari-hari bahasa yang digunakan adalah bahasa Mongondow, Bolango dan Bintauna. Secara lingusitik bahwa bahasa yang digunakan masuk kedalam Rumpun bahasa Filipina, bersama dengan bahasa Gorontalo, Sangir dan Minahasa, juga menggunakan bahasa Melayu Manado.

Tempat tinggal atau rumah tradisional yang didiami berupa rumah panggung dengan sebuah tangga, yang ada di depan, dan di belakang, tetapi bentuk rumah tersebut tidak bisa bertahan lama karena mengalami perubahan dengan adanya masuknya budaya dari luar yang masuk ke wilayah Mongondow dan sekitarnya. Perubahan bentuk rumah tradisional dan kehidupan sosialpun ikut-ikutan berubah. Hanya satu-satunya rumah tradisional khas Mongondow dapat dilihat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Luas wilayah Bolaang Mongondow seluas 50,3% dari wilayah Sulawesi Utara, sehingga pemerintah Kabupatan Bolang Mongondow bersama-sama masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat sepakat sesuai perjanjian untuk melakukan pemekaran, dan dengan dukungan ini maka dengan mayakinkan pemerintah pusat dan DPR.RI, wilayah Bolaang Mongondow dapat dimekarkan menjadi lima daerah, tingkat II yaitu:

  1. Kota Kotamobagu
  2. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
  3. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
  4. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
  5. Kabupaten Bolaang Mongondow

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Apa itu Suku Bawean?

Comment di sini