Apa itu UNODC?

by
March 24th, 2015 at 11:55 am

CiriCara.comUnited Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) merupakan bagian dari kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk tahun 1997 yang bertugas mengurusi kontrol narkoba dan pencegahan kejahatan. Tujuan dan fungsi badan ini adalah memecahkan masalah perdagangan dari penggunaan illegal narkoba, secara komprehensif dan terkoordinasi.

logo UNODC

UNODC – Ist

Tujuan tersebut meliputi tiga fungsi utama, yaitu penelitian, kebijakan dan dukungan bagi pemerintah dalam pengadopsian dan implementasi protokol, trakat dan konvensi terkait, serta pemberian bantuan teknis serta finansial untuk membantu pemerintah negara-negara anggota PBB dalam menyelesaikan masalah narkoba dan kejahatan.

Dan beberapa tema besar kinerja kantor PBB bukan saja mengurusi narkoba dan kejahatan termasuk juga pembangunan alternatif, keadilan kriminal, korupsi, pencegahan kejahatan dan reformasi penjara, pemulihan, HIV dan AIDS, pencegahan narkoba, perdagangan manusia dan penyelundupan imigran, kejahatan terorganisasi, pencucian uang, pembajakan dan pencegahan terorisme.

Badan ini dibentuk karena kantor PBB setiap tahunnya melaporkan dan mempublikasikan narkoba tingkat dunia, dan laporan ini menyediakan informasi dan estimasi pada tren produksi, perdagangan dan penggunaan opium, kanabis, kokain, stimulant tipe amfetamin. Laporan tersebut yang didasarkan dari data yang dikumpulkan dan dipersiapkan oleh pemerintah masing-masing negara anggota PBB, kantor PBB Urusan Narkoba dan Kejahatan serta lembaga internasional lainnya yang berusaha untuk mengidentifikasikan tren evolusi pasar perdagangan narkoba internasional.

Program utama dari UNODC memiliki tiga pilar utama, yaitu:

  1. Bekerjasama secara teknis dalam mengembangkan kapasitas setiap negara untuk melawan peredaran narkoba, kejahatan terorganisir serta terorisme.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan pengetahun serta pemahaman tentang isu kejahatan narkoba, dengan berbasis pada fakta dan kemudian dijadikan sebagai dasar operasional pemberantasan narkoba di seluruh dunia.
  3. Membuat perjanjian internasional secara relevan mengenai kejahatan penyalahgunaan narkoba dan terorisme.
  4. Setiap periode UNODC memaparkan laporan-laporan mengenai hasil temuan serta menganalisanya untuk dimanfaatkan di seluruh negara.

Dengan adanya badan dunia yang mengurusi narkoba maka Indonesia akan mendapatkan manfaatnya, apalagi negara Indonesia menjadi anggota PBB sejak lama. Dan lebih hebatnya lagi bahwa penerapan hukuman di Indonesia menerapkan hukuman mati yang sampai sekarang sedang dilaksanakan, sehingga akan menjadikan efek jera bagi siapa saja yang mengedarkan,menyelundupan narkoba di Indonesia.

Penulis: MasArif

Comment di sini