Cara Memilih Produk Cat Berkualitas

by
March 24th, 2015 at 10:00 am

CiriCara.com – Bosen dengan warna ruangan yang begitu-begitu aja? Mungkin udah saatnya kamu butuh penyegaran. Pemilihan warna ruangan juga bisa menjadi faktor penentu supaya mood kamu tetap terjaga dengan baik. Nah, supaya ruangan kamu makin indah kamu perlu pelajari cara memilih produk cat yang baik.

memilih cat tembok

Memilih cat – Ist

Berikut tipsnya yang penulis kutip dari harian SINDO.

1. Memakai indra sentuh jari. Pertama celupkan jari tangan ke dalam cairan cat yang kental, kemudian angkat. Gosokan jari yang terkena cat ini dengan jari yang lainnya. Rasakan teksturnya. Apabila cat terasa lembut dan tidak lengket, berarti cat tersebut mempunyai kualitas yang bagus.

2. Cat tidak mengandung timbal dan merkuri. Timbal pada cat berada di pigmen warna sehingga memungkinkan cat menghasilkan warna-warna yang cerah. Sementara merkuri berfungsi sebagai zat anti jamur. Bahaya yang ditimbulkan oleh kedua zat ini hampir mirip seperti bahaya seseorang yang bekerja di area pertambangan. Kamu bisa merasa pusing, mual, bahkan mampu merusak fungsi ginjal apabila terus menghirup bau yang ditimbulkannya.

3. Hindari cat yang mengandung ppAC. Kandungan ppAC pada suatu cat berguna sebagai daya rekat. Namun kualitas yang dimilki ppAC tidak sebagus perekat cat lainnya. Akibatnya, cat mudah mengelupas terutama jika terkena air. Selian itu, jika terkena sentuhan juga akan meinggalkan bekas.

4. Terdapat green label pada kemasannya. Green label merupakan sertifikat internasional sebagai penanda suatu produk ramah lingkungan. Label ini biasanya terdapat di kemasarn kaleng dan mudah ditemukan. Green label menjamin bahan-bahan cat aman bagi seluruh penghuni rumah.

5. Pilih cat yang mengadung pure elastomeryc polymer acrylic. Karena mengandung zat aklirik, produk cat ini memiliki gloss tinggi dan biasa dipakai pada interior dan ekterior rumah. Kandungan zat ini juga membuat cat memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat seperti ini cocok digunakan pada permukaan beton, hardboard, plesteran, tripleks, batako dan asbes.

6. Pilih cat eksterior yang mengandung UV Protection. Kondisi ekterior yang ekstrem membuat cat cepat memudar. Di sinilah fungsi zat pelindung dari sinar ultraviolet yang mampu melindungi warna dari sinar matahari langsung dan air hujan.

7. Cat tahan noda dan mudah dibersihkan. Pastikan kamu membeli cat yang menjamin kualitasnya tahan terhadap noda dan minyak. Cat seperti ini cocok digunakan untuk rumah yang ada anak kecil ataupun hewan peliharaan. Selain itu, cat yang mudah dibersihkan juga akan memudahkan kamu dalam merawatnya.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel lainnya: Cara Buat Rumah Jadi Nyaman.

Comment di sini