Cara Mengatasi HP Sering Hang dan Restart Sendiri

by
March 24th, 2015 at 3:43 pm

CiriCara.com – Handphone atau smartphone kamu mulai “berhantu”? Kadang-kadang mati sendiri terus bisa hidup sendiri juga? Itu tanda kalau smartphone kamu sudah mulai tidak beres dan harus segera diatasi penyebabnya.

aplikasi

Unsintalling Aplikasi – Ist

Ponsel pintar seperti BlackBerry (BB), Android (Samsung Galaxy, Sony Xperia, Nokia, dll) memang dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Namun semua ponsel pintar tersebut tetap mempunyai kelemahan, seperti risiko crash software dan juga ketahanan hardware.

Tidak hanya kedua masalah tersebut, baru-baru ini banyak yang mengadu bahwa ponsel pintar miliknya terkadang suka hang saat menjalankan aplikasi dan bahkan bisa hidup dan mati sendiri atau restart sendiri. Sebenarnya apa penyebabnya?

Berikut penyebab umum smartphone mendadak hang dan restart sendiri:

1. Overload CPU, Memory RAM, dan GPU

Smartphone bisa mendadak hang atau restart sendiri jika terlalu banyak membuka aplikasi atau software dalam satu waktu. Akibatnya CPU smartphone tidak mampu memprosesnya sehingga terjadi hang. Memory RAM juga harus dicek agar tidak berat.

2. Performa hardware sudah lemah

Hardware yang tidak bisa bekerja dengan maksimal akan menyebabkan smartphone hang dan mati sendiri. Seperti diketahui, seiring berjalannya waktu dan usia pemakaian, performa hardware akan secara perlahan menurun, tidak sama seperti waktu masih baru.

3. Crash software atau aplikasi

Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat proses install aplikasi atau software yang tidak sempurna. Pada saat update software juga bisa terjadi kesalahan sehingga membuat kinerja smartphone jadi berat dan akhirnya hang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

1. Tutup aplikasi yang tidak dipakai

Kamu bisa mengatasinya dengan cara mengurangi beban ponsel, dengan tidak menjalankan dua aplikasi lebih di waktu bersamaan. Selalu biasakan untuk menutup semua aplikasi agar kinerja CPU tidak berat. Jika memori hampir penuh, sebaiknya hapus aplikasi tidak penting.

2. Hard reset atau atur ulang smartphone sesuai setelan pabrik

Cara ini adalah cara terakhir. Namun, hard reset ini biasanya akan menghapus sejumlah data dari smartphone secara permanen. Jadi, kamu sebaiknya backup dulu data-data yang penting agar tidak hilang.

Bukan hanya aplikasi permainan, aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Facebook Messenger, BlackBerry Messenger, WhatsApp, Line, KakaoTalk, BeeTalk, dll juga sangat menguras kinerja smartphone kamu. Hal ini karena aplikasi tersebut terus menguras data meski tidak sedang kamu buka. So, pilih salah satunya saja, jangan terlalu banyak.

(YG)

Comment di sini