Mengenal Jejaring Sosial Linkedln

by
March 24th, 2015 at 10:48 am

CiriCara.com – Linkedln merupakan salah satu dari 20 jenis jejaring sosial yang ada dunia dan saat ini sudah merambah dan mulai disukai di Indonesia,  jejaring sosial ini berorientasi kepada bisnis dan digunakan untuk jaringan professional. Hingga bulan September 2007 situs jejaring sosial ini sudah memiliki lebih dari 161 juta anggota lebih dari 200 negara,  yang meliputi 150 industri dan lebih dari 400 di bidang ekonomi yang telah diklasifikasikan berdasarnya bidang jasanya.

Linked In

Linked In – Ist

Didirikan sekitar tahun 2002, Dan Nye sebagai CEO Linkedln di kantor yang berlokasi di Mountain View California, menyebutkan bahwa jaringan sosial professional ini didanai sepenuhnya oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Funds, dan mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006. Namun untuk ukuran jejaring sosial professional prestasi Linkedln sejatinya cukup mentereng, bahkan untuk saat ini saja sudah mengakomodir hampir 17 bahasa. (mantap gak tuh)

Mayoritas anggota pada jejaring sosial Linkedln tersebut, dimiliki oleh para eksekutif dari semua perusahaan Fortune 500 lebih ada didalamnya, bahkan melalui Linkedln telah merekrut karyawan untuk dipekerjakan diperusahaan mereka (canggih dan irit). Namun demikian LinkedIn tidak saja dimiliki oleh orang-orang eksekutif semata atau perusahaan besar saja, akan tetapi boleh dimiliki oleh orang awam sekalipun, atau pengusaha kecil yang dapat tumbuh dan berkembang serta mendorong hubungan bisnis baru jika kita mau memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada portal Linkedln tersebut.

Ada tiga manfaat yang perlu diketahui dari portal LinkedIn tersebut, yaitu:

  1. Digunakan untuk membuat profil professional secara online dan membangun jaringan dengan yang lainnya.
  2. Mengenal terhadap orang yang belum kita kenal melalui jejaringan ini, orang-orang professional yang kita kenal.
  3. Sebagai sarana untuk menemukan hubungan baru, mengenai profesi seseorang dan keberadaan sebuah perusahaan.
  4. Sebagai media untuk mempermudah antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain (tentu setelah mendaftar di Linkedln)

Pada intinya adalah jejaring sosial seperti Linkedln memberikan fasilitas serta membuat dan mengontrol online profil kita sendiri, serta perusahaannya, memberikan informasi yang penting kepada kita atau orang lain. Penasaran dengan jenis jejaring sosial Linkedlin ini? daftar deh.

Penulis: MasArif

Comment di sini