Unik! Wortel Dulu Warnanya Kuning dan Ungu

by
March 24th, 2015 at 10:14 am

CiriCara.com – Warna asli wortel kabarnya dulu bukan seperti sekarang. Tapi warna wortel zaman dulu itu sebenarnya kuning dan ungu. Begitu informasi unik dan menarik tentang wortel yang saya baca di Majalah Tempo, edisi lawas, 3 Februari 2008.

wortel

Wortel – Ist

Menurut Majalah Tempo, edisi lawas yang saya baca itu, pada abad 16, ilmuwan Belanda mengubah warna wortel menjadi seperti warna house of orange. House of orange adalah tempat keluarga kerajaan Belanda, negeri yang pernah menjajah Indonesia ratusan tahun lamanya. Maka tak heran bila pada abad kedua belas, para pedagang dari tanah Arab masih membawa wortel yang berwarna kuning dan ungu. Begitulah jejak sejarah si buah wortel, sayuran yang mempunyai multimanfaat tersebut.

Khasiat atau manfaat buah wortel sendiri mengutip apa yang saya baca dari majalah Tempo, edisi 3 Februari 2008, baru pada abad ke 19, kandungan wortel di ketahui. Pada abad ke-19, wortel diketahui memiliki kadar vitamin A yang tinggi. Dalam ulasannya tentang wortel, Majalah Tempo juga mengutip makalah ilmiah yang dibuat Proceding of The National Academy of Sciencies.

Proceding of The National Academy of Sciencies dalam makalahnya yang dilansir 14 Januari 2008, menyebutkan bahwa telah ditemukan wortel variatas baru. Nah, wortel varietas baru tersebut mampu memberikan asupan kalsium 41 persen lebih banyak dari pada wortel biasa. Wortel varietas baru tersebut adalah wortel transgenik hasil pengembangan yang dilakukan ilmuwan dari Baylor College of Medicine.

Dari sebuah blog : http://lindapriarti.blogspot.com, saya mendapat tambahan informasi tentang wortel transgenik. Di blog, itu diulas tentang wortel transgenik. Menurut blog tersebut, wortel transgenik bisa dijadikan bahan obat. Dalam artikelnya, disebutkan bahwa wortel transgenik mampu hasilkan suatu enzim yang bisa dipakai sebagai bahan obat. Blog tersebut, mengutip keterangan yang dimuat Majalah The Scientist Menurut majalah ilmiah tersebut, wortel transgenik bisa jadi bahan obat yang bermanfaat untuk terapi penyakit gaucher.

Penyakit gaucher, adalah penyakit genetis yang terbilang langka. Penyakit ini menyerang individu, yang membuat penderitanya tak mampu memproduksi enzim yang disebut enzim glucocerebrosidase. Akibat tak mampu produksi enzim tersebut, si penderita mengalami penumpukan material lemak di limpa hatinya, serta di organ-organ lainnya.

Menurut Majalah The Scientist yang dikutip blog tersebut badan POM negeri Paman Sam, Amerika Serikat, telah mengeluarkan persetujuan penggunaan obat yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi, Protalix Biotherapeutics. Obat yang diijinkan untuk diproduksi berbahan wortel transgenik.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: Makan Wortel, Mata Bisa Melihat dalam Gelap?

Comment di sini