5 Jurus Jitu Anti Boros

by
March 25th, 2015 at 2:10 pm

CiriCara.com – Boros laiknya virus yang bisa menerpa siapa saja. Enggak pandang gender, usia atau profesi. Biasanya perilaku ini berkaitan erat dengan gaya hidup yang cendrung hedonis. Kebanyakan orang yang boros selalu merasa pusing kalau enggak bisa membeli barang yang mereka inginkan yang sebenarnya enggak benar-benar dibutuhkan. Pendapatan yang mereka miliki selalu terasa menguap tanpa jejak yang akhirnya bikin sesak nafas sendiri ketika sadar bahwa kondisi keuangannya sudah kerontang.

hemat anak kost

Hidup hemat – Isthemat

Ini ada jurus jitu yang dapat kamu adopsi supaya bisa mengaborsi virus boros yang melanda hidup kamu.

1. Buat anggaran pengeluaran

Membuat anggaran bisa membantu kamu melihat dengan jelas daftar kebutuhan kamu. Tentu dalam hal ini kamu harus fokus serta jujur dengan diri sendiri. Bakalan percuma jika kamu membuat daftar barang yang ingin kamu beli tapi ternyata, walau barang itu enggak kamu beli enggak bakal ada pengaruhnya di hidup kamu.

2. Tinggalkan kartu kredit

Memiliki kartu kredit cendrung mendorong orang memiliki keinginan implusif dalam membeli barang. Kalau perlu kamu juga tinggalkan kartu debit. Bawa aja uang secukupnya di dompet jika kamu tidak berencana kemana-mana setelah pulang kerja.

3. Miliki pola hidup sehat

Pola hidup sehat itu sama sekali enggak mahal. Salah satu caranya dengan memakan buah atau sayur terbukti membuat rasa kenyang lebih awet mengendap di perut kamu. Nah, kalau udah begini hasrat ingin jajan camilan yang bisa buat kamu jadi boros bakal sirna.

4. Nonton Film

Eits ini bukan berarti menyarankan kamu untuk nonton film di bioskop ya. Karena kalau begitu sama aja perjuangan menangkal boros bakal sia-sia. Kalau di kantor kamu memungkinkan untuk wifi gratis dan bisa untuk download film. Saatnya kamu maksimalkan fasilitas itu. Download-lah film sebanyak yang kamu mampu. Atau kalau enggak bisa download, copy aja dari teman kamu yang kolektor film. Kamu bisa mengalihkan hasrat kamu yang ingin keliling mall atau nongkrong di coffe shop dengan tetap stay di kamar sambil nonton film yang udah kamu kumpulin.

5. Niat

Semua tips di atas sama sekali enggak ada artinya kalau dari diri kamu sendiri enggak ada kesungguhan untuk menindas virus boros yang menerpa hidup kamu. Dan enggak ada gunanya juga kalau kamu hanya niat tapi enggak berusaha menahan keinginan kamu mengeluarkan uang untuk sesuatu yang enggak penting. Hanya demi terlihat punya gaya hidup ‘keren’ di depan orang.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini