Akhirnya Polwan Boleh Pakai Jilbab

by
March 25th, 2015 at 2:58 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mabes Polri akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan terkait peraturan polisi wanita (Polwan) yang ingin memakai jilbab saat bertugas. Setelah sempat menjadi kontroversi, akhirnya Surat Keputusan Polwan Berjilbab itu dikeluarkan hari ini.

polwan

Polwan berjilbab – Ist

Seperti yang dilansir akun Facebook Divisi Humas Mabes Polri, Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara RI No Pol: SKEP/702/IX/2005 tanggal 30 Sept 2005 tentang Penggunaan pakaian dinas segaram Polri dan PNS Polri telah dirubah. Dimana Polri menambahkan peraturan membolehkan Polwan memakai jilbab saat bertugas.

“Selamat kepada Polwan muslim yang ingin menggunakan hijab, kini telah dikeluarkan Perkap Polwan berhijab yang disahkan dengan Kep Kapolri 245/III/2015,” tulis Divisi Humas Mabes Polri melalui media sosial Facebook, Rabu (25/3/2015).

Surat keputusan tersebut jelas jadi kabar gembira buat Polwan yang ingin berjilbab. Pasalnya sebelum ada surat keputusan tersebut, Polwan dilarang memakai jilbab saat bertugas. Bahkan, Polwan yang tetap berjilbab akan diminta untuk pensiun atau mundur.

“Kalau keberatan (tidak boleh pakai jilbab), kita serahkan kepada yang bersangkutan, pensiun atau memilih tidak menjadi Polwan,” kata Wakapolri Komjen Nanan Sukarna, pada tahun 2013 lalu.

Meskipun demikian, dukungan untuk Polwan berjilbab terus datang. Salah satunya dari Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI). 12 ormas Islam yang tergabung di dalamnya terus mendesak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk membolehkan Polwan berjilbab.

Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj menilai, keinginan untuk memakai jilbab adalah hak seorang Polwan muslim yang tidak boleh dilarang. Apalagi menurut dia, jilbab tidak akan mengganggu pekerjaan Polwan. Karenanya ia pun mendesak Polri untuk membantu.

“Kalau ada Polwan yang ternyata ingin mengenakan jilbab selama bertugas, itu harus diakomodir oleh Polri. Caranya bagaimana? Buat aturan yang bisa menjadi landasan hukum pijakannya,” jelas Kiai Said, seperti dikutip dari Merdeka.com hari ini.

Dan akhirnya setelah lama menunggu, Polri pun mengeluarkan surat keputusan yang menerangkan bahwa Polwan boleh pakai jilbab pada Rabu 25 Maret 2015 hari ini. Sebelumnya Polri juga sudah memamerkan seragam Polwan berhijab.

Agar tetap seragam dan tidak belang-belang, warna jilbab yang akan dikenakan Polwan pun harus sama semua. Warna jilbab akan disesuaikan dengan warna pakaian dinas atau seragam Polwan masing-masing bagian.

Wah, selamat ya bu Polwan! Semoga dengan memakai jilbab, hati Anda akan bersih dan akan lebih profesional lagi dalam mengayomi masyarakat.

(YG)

Comment di sini