Cara Aman dengarkan Musik Pakai Headset (Earphone)

by
March 25th, 2015 at 8:54 am

CiriCara.com – Mendengarkan musik bisa jadi obat ampuh untuk mengembalikan mood yang hampir rubuh. Apalagi kalau kita mendengarkan musik dengan earphone. Saat nunggu antrian, olahraga, atau menjelang tidur musik bisa jadi sarana penghibur. Namun, dari kebiasaan tersebut tersimpan risiko yang mungkin akan berakibat fatal bagi kondisi kesehatan pendengaran.

Headset

Pakai Headset – Ist

The Wall Street Journal telah melansir bukti penelitian bahwa mendengarkan musik pada volume paling maksimal dengan menggunakan earphone selama lebih dari satu jam berisiko menimbulkan gangguan pendengaran. Organisasi kesehatan internasional, World Health Organization (WHO), menyarankan bahwa penggunaan earphone pada volume tinggi idealnya hanya dapat dilakukan selama kurang dari satu jam per hari. Apabila ingin menikmati musik untuk durasi yang lebih panjang, sebaiknya volume audio berada kurang dari 85 desibel atau setara dengan suara ‘bip’ di microwave.

Pendengaran manusia memiliki batas maksimal untuk mendengarkan suatu bunyi atau suara. Jika kita mendengarkan musik melalui earphone melampaui 85 desibel, maka sangat disarankan untuk menggunakan pelindung telinga agar pendengaran tidak terganggu. Mungkin terkadang kita tak sadar bahwa kita sedang mendengarkan musik dengan volume terlalu keras saat menggunakan earphone. Indikator untuk menyadari hal tersebut ialah apabila kita mendengarkan musik tetapi sudah tidak dapat mendengarkan suara lain di sekitar, maka saat itulah kita perlu menurunkan volume pada alat pemutar musik yang sedang dikenakan.

Sebaiknya perilaku mendengarkan musik dengan earphone perlu juga kita perhatikan. Sebab dampak buruknya tidak sepele. Beberapa efek negatif akibat berlebihan menggunakan earphone, yaitu pertama, kerusakan permanen pada telinga. Suara terlalu keras yang didengar menyebabkan rasa panas dan gangguan pada rumah siput. Kedua, gangguan pada kinerja otak. Sebab gelombang elektromagnetik yang diproduksi earphone bisa mengganggu kinerja listrik dalam otak.

Ketiga, penurunan fungsi pendengaran. Jika mendengarkan musik dengan volume maksimal melebihi ambang batas yang sanggup diserap telinga, maka akan menyebabkan terganggunya sel-sel rambut pada organ dalam telinga yang berfungsi menangkap suara. Bila hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, maka akan menyebabkan penurunan kemampuan mendengar bahkan mungkin bisa jadi tuli.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel terkait: Bahaya Pakai Headset untuk Mendengarkan Musik.

Comment di sini