Cara Memilih Warna Cat Sesuai Fungsi Ruang

by
March 25th, 2015 at 4:04 pm

CiriCara.com – Pemilihan warna yang tepat sebagai pelengkap desain ruang akan memberi efek psikologi bagi orang-orang yang beraktivitas di dalamnya. Psikolog Dessy Ilsanty mengatakan bahwa warna dapat menciptakan energi positif di dalam lingkungan keluarga yang pada perannya mampu membina dan menciptakan kembali hubungan erat di dalam keluarga. Karena warna terbukti berfungsi sebagai sarana komunikasi non verbal yang mampu menyampaikan pesan hingga memberi pengaruh pada kondisi emosi seseorang.

cat rumah

Mengecat rumah – Ist

Penerapan warna yang tepat sesuai fungsi ruang akan memberi daya tarik, membangun suasana nyaman, tenang, memberi efek konsentrasi, hingga dapat membuat kesan ceria. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangan dengan matang pemilihan warna cat yang tepat sesuai dengan kondisi emosional yang kamu harapkan dapat tercipta.

Berikut penulis kutip tips pemilihan warna cat yang tepat dari harian SINDO (4 Maret 2015):

1. Pelajari tata pewarnaan, kemudian berani mengombinasikan warna serta karakter dan efek-efek yang dimunculkannya.

2. Cara paling mudah harus dilakukan adalah menentukan tema ruangan. Tema yang kuat akan memudahkan kamu memilih warna cat yang tepat. Misalnya, warna merah muda untuk kamar tidur feminine.

3. Perbanyak mengunjungi tempat-tempat yang kaya variasi desain interior dan membaca buku dengan berbagai variasi ide desain sehingga banyak referensi desain yang didapat akan memudahkan untuk menata rumah kamu.

4. Kenali dengan baik fungsi utama sebuah ruang. Pemilihan warna cat sebaiknya dapat memperkuat karakter ruang. Sebagai contoh, warna putih yang menunjang higienitas dapur.

5. Pilihlah warna netral untuk ruang multifungsi, seperti ruang tamu. Selain nyaman untuk mata, warna netral seperti cokelat krem, hitam, atau putih akan memudahkan kau dalam memadu padankan warna.

6. Apabila warma netral terlalu monoton, cara lain adalah menerapkan konsep warna monokromatik. Kamu hanya harus memilih satu warna utama sebagai panduan menata ruan, mulai dari warna dinding hingga perabot.

7. Untuk memudahkan kamu dalam memilih warna cat rumah, coba buat simulasi kecil menggunakan coretan di kertas dengan menggambar rumah kamu dan diwarnai.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel terkait: Cara Memilih Cat Berkualitas.

Comment di sini