Ini Cara ISIS Merayu WNI untuk Gabung

by
March 25th, 2015 at 10:08 am

CiriCara.com – Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terus menjadi sorotan dunia karena aksinya yang tak segan untuk mengeksekusi tahanannya. Meskipun dicekal oleh sejumlah negara, namun tetap saja masih ada yang mau bergabung dengan ISIS.

foto isis

ISIS – Ist

Tidak hanya dari luar negeri, warga negara Indonesia (WNI) pun dilaporkan ada yang sudah bergabung dengan ISIS. Pemerintah mencatat ada 56 WNI yang telah bergabung dengan ISIS dan 514 lainnya diduga juga akan menjadi bagian dari kelompok teroris itu.

Soal cara perekrutan anggota, ISIS diketahui menggunakan cara yang berbeda dari kelompok teroris pendahulunya, Al Qaeda. Ada modus-modus baru yang dipakai ISIS untuk merayu WNI agar mau bergabung dengan kelompok radikal ini.

Berikut cara ISIS melancarkan rayuannya untuk merekrut anggota baru, khususnya yang diterapkan di Indonesia:

1. Kesamaan keyakinan

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman, ISIS merekrut anggota baru melalui motif keyakinan atau agama. Target ISIS ini adalah anak-anak muda yang belum banyak mengenal Islam yang sebenarnya.

“Tentunya bagi mereka yang punya paham sama dalam mencapai tujuannya gabung dengan kelompok radikal (ISIS),” ujar Marciano di Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (25/3/2015).

2. Gaji besar

Selain motif keyakinan, menurut Marciano, ISIS juga menggunakan motif ekonomi untuk merekrut anggota baru. Kabarnya ISIS berani membayar gaji mulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah untuk WNI yang mau bergabung. Salah satu media bahkan menyebut gaji anggota ISIS mencapai Rp 150 juta per bulan.

3. Hubungan asmara

Selain motif keyakinan dan ekonomi, ISIS juga diduga menggunakan rayuan asmara untuk merekrut anggota baru. Tidak hanya itu, kabarnya ISIS juga menjanjikan hidup enak bagi semua anggotanya. “Bila mati satu keluarga bisa masuk surga. Jika bertahan hidup pun akan hidup enak.

4. Dunia maya

ISIS menyebarkan pahamnya melalui media internet. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, sedikitnya ada 70 situs internet yang terkait dengan ISIS dan terorisme. Tidak hanya membuat situs, ISIS juga aktif mengunggah video propaganda untuk merekrut anggota baru. Bagi yang punya keyakinan labil, pasti akan tergiur untuk ikut ISIS.

5. Agen penyalur

Untuk membantu calon anggota baru berangkat ke markas ISIS, ternyata ada sejumlah “agen” penyalur di Indonesia. Baru-baru ini polisi sudah berhasil mengamankan sejumlah tempat yang diduga jadi tempat keberangkatan WNI yang mau gabung ISIS.

Biasanya negara yang jadi tujuan calon anggota ISIS adalah Turki. Setelah sampai di Turki, mereka lalu menyeberang ke Suriah yang merupakan basis ISIS.

Jangan mudah tergiur dengan tawaran ISIS yah! Karena WNI yang gabung dengan ISIS itu bisa mendapat hukuman yang berat, termasuk kehilangan status kewarganegaraannya.

(YG)

Comment di sini