Rekor Gelar Honoris Causa Presiden RI Ke-6

by
March 25th, 2015 at 1:53 pm

CiriCara.com – Susilo Bambang Yudhoyono, atau biasa di sapa SBY, tentu bagi rakyat Indonesia, bukanlah orang asing. SBY, adalah Presiden ke-6 yang memimpin Indonesia. Bahkan, SBY adalah Presiden pertama yang terpilih secara langsung. Pertama, SBY menjadi Presiden setelah keluar sebagai pemenang pada pemilihan presiden 2004. Saat itu SBY berpasangan dengan Jusuf Kalla.

sby

SBY menerima gelar Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Universitas Ritsumeikan – Ist

Kemudian SBY menjadi Presiden lagi, setelah memenangi pemilihan presiden 2009. Ketika itu SBY maju bersama dengan Boediono. Salah satu rival SBY saat itu adalah Jusuf Kalla yang digandengnya sebagai calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2004. Sekarang Jusuf Kalla, menjadi Wakil Presiden kembali, usai menang bersama Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2014, mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. SBY sendiri pada pemilihan presiden 2014, tak bisa maju gelanggang karena terbentur ketentuan konstitusi, dimana Presiden yang sudah menjabat dua periode tak boleh lagi maju mencalonkan diri.

Kalau ingat SBY, ingatan saya langsung membayang pada sosok tinggi besar, berkantung mata gembung yang sedang takzim berpidato. Gaya pidato SBY, adalah salah satu yang paling saya ingat dari sosok menantu mendiang Jenderal. Sarwo Edhie, tentara yang namanya moncer ketika terjadi huru hara politik pada tahun 1965. Saat itu Sarwo Edhie adalah komandan RPKAD, cikal bakalnya Komando Pasukan Khusus, satuan elitnya TNI-AD. SBY sendiri adalah seorang tentara. Pangkat terakhirnya adalah bintang empat alias jenderal penuh.

Gaya pidato SBY sendiri sangat khas. Tuturan kata dan kalimatnya sungguh teratur, diucap dengan runut dan intonasi kata yang juga teratur. Gerak tangan pun, sangat tertib. Terkesan kaku, tapi punya ciri khas tersendiri. Pilihan katanya pun, sangat runut.

Ternyata selain punya kekhasan dalam berpidato, SBY juga punya ciri khas lainnya. Ia pandai memetik gitar, piawai buat syair lagu, bahkan puisi. Bahkan, sudah menelorkan beberapa album lagu yang diciptanya sendiri. Selain memang, rekor politiknya, jadi Presiden pertama yang dipilih secara langsung dan terpilih dua kali secara berturut-turut.

Namun ada rekor lain yang dimiliki jenderal bintang empat yang juga doktor pertanian dari Institut Pertanian Bogor tersebut. Rekor lainnya itu adalah sederet gelar doktor honoris causa yang diterima lelaki kelahiran Pacitan tersebut.

Pertama, SBY tercatat sebagai penerima gelar doktor honoris causa yang diberikan oleh Universitas Webster, Inggris. Selain dari Webster University, SBY juga dapat gelar honoris causa dari Thammasat University, Thailand. Gelar honoris causa lainnya didapat SBY dari Universitas Andalas, Padang, Indonesia.

Selain dari Andalas, SBY juga diberikan gelar doktor honoris cause oleh Keio University, Jepang. Gelar doktor honoris causa lainnya untuk SBY diberikan Tsinghua University, China. SBY juga dapat gelar doktor honoris causa dari Universitas Utara, Malaysia. Terakhir SBY menggondol gelar doktor honoris causa dari Nanyang University, Singapura.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini