Apa itu Opium (Poppy)?

by
March 26th, 2015 at 8:54 am

CiriCara.com – Opium atau apiun atau candu (poppy =bahasa Inggris) merupakan  getah bahan baku narkotika yang diperoleh dari buah candu (papaver somniferum L atau P.paeniflorum) tetapi belum matang. Tanaman opium adalah jenis tanaman semusim dan hanya dibudidayakan di pegunungan kawasan subtropis seperti halnya Indonesia. Dengan ketinggian mencapai satu meter, daunya jorong dengan tepi bergerigi.

tanaman opium

Opium – Ist

Si Opium dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Sekitar tahun 1803 hingga 1805 seorang apoteker Friedrich WS, telah berhasil mengisolasi kristal morfin yang terbuat dari resin Opium, bahan ini digunakan oleh para dokter sebagai penawar rasa sakit pada dosis tertentu, akan tetapi morfin dari kristalisasi opium ini dapat meningkatkan resiko kematian pasien karena akibat depresi pada saluran pernapasan.

Ciri-ciri dari opium adalah mempunyai bunganya bertangkai panjang dan keluar dari ujung ranting. Satu tangkai biasanya terdiri dari satu bunga dengan kuntum bermahkota putih, ungu, dan mempunyai pangkal putih serta merah cerah. Bunga opium ternyata sangat indah sehingga beberapa spesiesnya seperti Papaver kadang dijadikan tanaman hias. Buah opium berbentuk bulatan sebesar bola pingpong berwarna hijau.

Buah opium bila diiris dengan pisau sadap akan mengeluarkan getah kental dan berwarna putih, setelah dikeringkan atau kering dan berubah warna menjadi coklat, getah ini kemudian dipasarkan sebagai opium mentah. Opium mentah ini dapat diproses secara sederhana hingga menjadi candu, apabila getah ini diekstrak lagi akan menghasilkan yang namanya morfin. Dan apabila morfin ini diekstrak kembali akan berubah namanya menjadi heroin.

Tanaman jenis opium ini merupakan tanaman pegunungan, misalnya Eropa Tenggara dan telah menyebar hingga ke negara Afganistan dan ‘segitiga emas’ di perbatasan Myanmar, Laos dan Thailand.  Dan menurut Perserikatan Bangsa Bangsa, bahwa Afganistan dianggap penghasil opium terbesar di dunia dengan 87% tanaman. Sedangkan Laos dianggap juga sebagai salah satu penghasil terbesar di kawasan non-Eropha. Adapun di Indonesia sendiri, bunga opium atau poppy tidak menghasilkan narkotika tetapi banyak juga ditanam di kawasan pegunungan Bandungan, Batu, Ijen dan Cipanas (kapan-kapan ke daerah tersebut yuk)

Penulis: MasArif

Comment di sini