Ini Dia, Guru Memancing Pak Harto

by
March 26th, 2015 at 8:32 am

CiriCara.com – Semasa masih jumeneng, terutama kala masih berkuasa sebagai Presiden, Jenderal Besar TNI, Soeharto gemar mancing. Ya, mancing adalah salah satu hobi dari Presiden yang pernah berkuasa selama 32 tahun lamanya. Maka, kerap diberitakan aktivitas mancing dari sang jenderal besar. Bahkan, sampai rambut sudah beruban semua, Pak Harto, demikian panggilan akrab dari mendiang Presiden Soeharto, masih sering menyalurkan hobinya mancing.

soeharto

Soeharto mancing bersama – Ist/Foto koleksi Hioe Husni Wirajaya

Kegiatan memancing Pak Harto, bukan di empang atau kolam pemancingan. Tapi Pak Harto memancing di lautan luas. Banyak foto yang menggambarkan Pak Harto sedang tertawa senang di atas perahu, karena kail pancingnya sukses mengail seekor ikan. Sebagai Presiden yang memimpin negara sebesar Indonesia, beban tugas pastinya sangat bertumpuk. Maka biar stress tak menghinggapi pikiran, memancing mungkin menjadi salah satu cara mengenyahkan potensi stress. Dan, Pak Harto melakukannya dengan terbilang rutin.

Kegiatan mancing, saat ini bisa dikatakan sudah jadi gaya hidup. Lihat saja di pinggiran kota banyak bermunculan tempat pemancingan. Tiap hari libur tiba, tempat pemancingan selalu penuh sesak dengan orang-orang yang hobi melempar kail. Bahkan di sebuah stasiun televisi swasta, tayang sebuah program khusus tentang kegiatan memancing. Mungkin, jika Pak Harto masih hidup dan masih bugar, ia bakal jadi salah satu host-nya. Atau kegiatan mancing Pak Harto, akan diulas secara khusus.

Suatu waktu, saat membereskan tumpukan buku dan majalah, saya menemukan sebuah Majalah Tempo edisi lawas, 3 Februari 2008. Majalah tersebut memuat ulasan tentang Pak Harto yang telah jadi almarhum. Dalam salah satu ulasannya, ada sebuah cukilan kisah tentang kegiatan mancing Pak Harto. Cukilan berita tersebut tentang kawan mancing Presiden RI ke-2 tersebut.

Mengutip isi majalah, disebutkan bahwa kawan mancing penguasa rezim Orde Baru itu adalah seorang lelaki pemilik kedai sea food yang ada di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Husni Wirajaya demikian nama lelaki kawan setia Pak Harto yang selalu menemaninya memancing. Nah, menurut Majalah Tempo yang saya baca, Pak Husni ini selain jago memancing, juga pintar meracik hidangan makanan berbahan ikan.

Pak Husni sendiri mulai mengenal Pak Harto sekitar tahun 1980. Sejak itulah, Pak Husni jadi karibnya Pak Harto. Kemana pun Pak Harto memancing, Pak Husni selalu diajak serta menemani. Lewat Pak Husni pula, Pak Harto berguru ilmu memancing. Bisa dikatakan Pak Husni yang biasa dipanggil Pak Kwik itu adalah guru memancingnya Pak Harto. Pak Husni atau Pak Kwik pulalah yang nantinya akan memasakan hasil pancingan Pak Harto.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini