4 Hal Penentu Kualitas Produk Jasa

by
March 27th, 2015 at 9:16 am

CiriCara.comDalam berbisnis, ada dua jenis produk yang akan kita jual dalam bisnis kita. Yang pertama adalah berupa barang (produk berwujud) dan jasa (produk tak berwujud). Dalam menjual suatu barang, kita tentu harus menghasilkan barang yang baik untuk dikonsumsi. Namun kalau pada produk jasa, apa sih yang menjadikan produk tersebut menjadi baik?

antar barang

Jasa Antar Barang – Ist

Karena produk jasa adalah untuk dirasakan manfaatnya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan kualitas dari suatu produk jasa.

1. Keandalan

Misalnya, kalian memilih sebuah jasa servis motor. Lalu setelah motor kita diservis, ternyata masih ada kendala atau masalah. Hal itu berarti keandalan dari servis tersebut tidak baik. Hal inilah yang menandakan bahwa sevis jasa tersebut tidaklah andal. Padahal dalam produk jasa yang diingink oleh konsumen adalah kepuasan pelayanan.

2. Daya Tanggap

Misalnya kalian pergi ke sebuah tempat kecantikan, untuk berkonsultasi mengenai masalah kulit kalian. Lalu dokter tersebut langsung tau penyakit dan cara mengatasi masalah kulit kalian. Hal inilah yang menandakan bahwa daya tanggap dari jasa pelayanan tersebut tinggi.

3. Kepastian

Kalian tentu tidak suka namanya dengan PHP dong. Apalagi di dalam jasa. Misalnya kalian dijanjikan setelah lima minggu konsultasi, maka berat badan anda akan turun. Apabila benar-benar turun apakah kaian senag? Tentu dong. Berarti jasa yang ditawarkan memiliki kepastian bagi konsumen. Sehingga tingkat kepercayaan konsumen menjadi tinggi alhasil, konsumen akan menjadi loyal

4. Empati

Jasa yang ditawarkan harus memiliki empati. Maksudnya apa? Yang konsumen inginkan dalam sebuah jasa adalah empati atau kepedulian dari produsen. Konsumen akan merasa dihargai dan merasa beruntung memakai jada kita bila kita empati. Misalnya dalam pelayanan jasa konsultasi psikologis, kalian tentu membutuhkan dukungan dan saran dari psikolog dong.

Semua pelayana yang diberikan haruslah yang terbaik. Konsumen dalam mengkonsumsi jasa, mereka ingin mendapatkan suatu manfaat yang real. Karena itu, berikan oelaynan yang terbaik bagi produk jasa kalian. Dengan demikian, dijamin pelanggan anda akan loyal dan tentunya bisnis kalian akan berkembang. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini