7 Manfaat Cabe Rawit Bagi Kesehatan

by
March 27th, 2015 at 8:42 am

CiriCara.com – Mungkin pembaca sudah mengenal cabe dan cabe memiliki beberapa varietas seperti cabe merah besar, cabe rawit, cabe merah keriting dan semuanya pedas, tetapi yang paling pedas adalah cabe rawit yang bentuknya kecil dan berwarna hijau (biasanya tersaji pada gorengan), rasa cabe rawit yang pedas berasal dari zat yang terkandung di dalam cabe rawit namanya capsaicin.

cabe rawit

Cabe Rawit – Ist

Ternyata zat capsaicin pada cabe rawit ini mempunyai sifat anti alergi, anti inflamasi, anti jamur dan anti iritasi. Vitamin yang terdapat pada cabe rawit juga ada, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 juga betakaroten. Sedangkan mineral yang terdapat pada cabe rawit seperti kalium dan mangan, dan semuanya sangat bagus untuk kesehatan.

Semua orang ingin sehat terus tetapi kadang mengalami sakit dan hal itu wajar sebagai manusia, yang tidak mengalami sakit mungkin bangsa jin yah hehehe (juskid). Kembali ke cabe rawit, ternyata cabe rawit mempunyai banyak khasiatnya loh, seperti:

  1. Mempercepat metabolisme. Berbahagialah bagi pembaca yang sangat menyukai pedasnya cabe, ternyata dengan cabe dan pedasnya dapat mempercepat metabolisme tubuh anda, disamping dapat membantu menurunkan berat badan juga.
  2. Mencegah serangan jantung. Bagi yang belum terkena panyakit jantung, cobalah untuk mengkonsumsi cabe rawit dengan batasan tertentu. Sifat jantung dapat membuka arteri di jantung.
  3. Pertumbuhan rambut. Bagi anda yang botak karena sirkulasi darah tidak lancar, bila ingin tumbuh rambutnya, maka konsumsi cabe rawit dengan takaran tertentu.
  4. Meringankan rasa nyeri. Cabe rawit dapat menghilangkan rasa sakit seperi sakit kepala atau sakit kepala migren, sakit gigi atau gusi.
  5. Menurunkan berat badan.  Sifat zat capsaicin pada cabe rawit membakar lemak bersamaan dengan keluarnya keringat anda, juga dapat menurunkan nafsu makan, sehingga cocok bagi anda yang ingin diet.
  6. Meredakan sakit tenggorokan. Cabe rawit dapat meredakan sakit tenggorokan, caranya dengan dicampur air untuk dikumur-kumur, prosedur dalam memulihkan sakit tenggorokan dengan cepat.
  7. Pencegahan tekanan darah tinggi. Cabe rawit dapat melancarkan peredaran darah juga sekaligus mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah, sehingga dikatakan bahwa cabe rawit obat alami yang dapat mengurangi dan pencegahan darah tinggi.

Catatan: bahwa rasa pedas pada cabe rawit bersifat iritan, dan dapat memperparah kondisi sakit pada lambung, bagi orang yang sehat tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cabe rawit ini. efek sampingnya adalah rasa mulas, diare, sering BAB, sakit perut dan panas pada anus.

Tips: apabila merasa kepedasan setelah makan cabe, bisa dikurangi dengan minum yogurt segera. Atau bisa minum air hangat-hangat kuku atau lebih cepat dengan air minum yang dingin.

 Penulis: MasArif

Comment di sini