Apa Itu Sinar UVA?

by
March 27th, 2015 at 11:28 am

CiriCara.com – Pernanh mendengar kata sinar UV? Biasanya mereka yang mendengar sinar UV pasti langsung berpikir ke persoalan kulit dan sinar matahari. Benar, sinar UV memang merupakan sinar yang berasal dari matahari. Sinar UV adalah kepanjangan dari sinar Ultra Violet.

Sinar UVA

Ist

Sinar UV sangat dihindari oleh kebanyakan orang, karena kontaknya secara langsung ke kulit tanpa adanya pengolahan lebih dulu akan emnggangu kesehatan kulit dan bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker kulit. Berikut beberapa fakta seputar sinar UV. Sinar UV terdiri dari dua jenis yaitu sinar UV A dan sinar UV tipe B.

Berikut akan dibahas dahulu mengenai sinar UV tipe A.

1. Merupakan Sinar Matahari Dengan Gelombang Terpanjang

Sinar UV tipe A merupakan jenis sinar matahari yang memiliki gelombang terpanjang. Lalu apa efeknya bagi manusia dengan gelombang terpanjang pada sinar UV tipe A? Efeknya adalah sinar UV tipe A dapat menembus jaringan kulit dan jaringan pembuluh darah manusia. Wah, bayangin deh, sinar matahari yang sejauh itu, bisa sampai ke dalam kulit kita.

2. Radiasinya Dapat Dipantulkan dan Ditembus

Nah, ini dia yang cukup mencengangkan lagi. Ternyata sinar UV tipe A selain memiliki sifat dengan gelombang terpanjang, sinar UV tipe A juga mempunyai radiasi yang mampu menembus benda bening seperti kaca. Jadi walaupun kalian berada di dalam ruangan tertutup namun jika ada kaca, maka sinar UV tipe A tetap dapat menembus kaca jendela ruangan tersebut.

Selain itu, ini juga bersifat dapat dipantulkan. Jadi, jika kalian berada di jalan raya dan tanpa mengenakan pembungkus kulit misalnya jaket dan sebagainya, maka resiko kalian terkena radiasi sinar UV tipe A lebih tinggi karena dia dapat dipantulkan misalnya dipantulkan pada aspal.

3. Menyebabkan Penuaan Dini

Radiasi yang terus menerus, maka akan mempengaruhi elastisitas kulit. Elastisitas kulit yang terganggu akan membua kulit menjadi kendur sehingga menjadi penuaan dini.

Lindungi diri kalian dari sinar UV karena efek jangka panjang adalah terkena kanker kulit. Biasakan memakai pelembap dan pakai baju atau payung saat berada di luar rumah. Selamat hidup sehat. Semoga bermnafaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini