Cara Membedakan Razia Kendaraan Resmi dan Ilegal

by
March 27th, 2015 at 3:12 pm

CiriCara.com – Pihak kepolisian sering mengadakan razia kendaraan di jalan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Namun, tidak semua razia tersebut telah mendapat persetujuan dari atasan. Masih ada saja razia ilegal.

Razia Polisi

Razia kendaraan oleh polisi – Ist

Seperti yang terjadi di Wilayah Semarang, empat anggota Polsek Tembalang, Semarang akhirnya dijatuhi sanksi karena menggelar razia lalu lintas bukan di wilayah hukumnya. Mereka melakukan razia di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Temanggung.

Atas dasar kasus tersebut, lantas razia lalu lintas yang resmi itu seperti apa? Apakah ada cara untuk membedakan razia kendaraan yang resmi dengan yang ilegal? Atau para pengendara harus patuh saja saat dirazia tanpa harus tahu resmi atau ilegal?

Pengamat Kepolisian, Bambang Widodo Umar membocorkan cara membedakan razia kendaraan resmi dan ilegal. Untuk mengetahuinya sebenarnya cukup mudah, yakni dengan menanyakan surat perintah razia kepada oknum tersebut.

“Kalau resmi ada surat perintah operasi (razia) sehingga jelas kapan waktu, tempat, dan biaya yang dikeluarkan. Terorganisir dan terstruktur. Terus ada sasarannya,” jelas Bambang, seperti dikutip dari Merdeka.com, Jumat (27/3/2015).

Pengendara berhak menanyakan surat perintah razia. Dan polisi pun harus dengan senang hati menunjukkan bukti surat perintah razia agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan pengendara atau masyarakat. Jika tidak ada surat perintah, itu artinya razia ilegal.

Namun demikian, menurut Bambang, seorang polisi tetap harus menindak semua pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas sekalipun itu tidak dalam tugas razia. Bambang menjelaskan bahwa penindakan kepada pelanggar itu tidak harus ada perintah.

Sementara itu, Kasubdit Bingakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono mengatakan bahwa semua operasi kendaraan yang dilakukan petugas kepolisian adalah resmi. Pasalnya, razia itu memang merupakan wewenang dari polisi.

“Semua razia yang dilakukan oleh petugas Kepolisian RI resmi,” kata AKBP Hindarsono, seperti dikutip dari Merdeka.com, hari ini.

Terlepas dari penjelasan di atas, kamu boleh saja menanyakan surat perintah razia kepada polisi. Tapi sebelum bertanya sebaiknya pastikan dulu kalau kamu itu punya surat-surat kendaraan yang lengkap (SIM dan STNK). Percuma nanya surat perintah razia, kalau nggak punya SIM ya tetep aja ditilang, karena sudah melanggar.

(YG)

Comment di sini