Kenali Tanda-Tanda Depresi Berikut Ini

by
March 27th, 2015 at 11:12 am

CiriCara.com – Mungkin kita cukup sering mendengar kata “depresi”. Kata tersebut sering dipakai dalam pembicaraan sehari-hari. Saking sering kita mendengarnya, istilah depresi terasa begitu lumrah. Padahal depresi merupakan penyakit psikologis yang bila tidak segera ditangani akan berefek serius.

Depresi

Ist

Dinamika hidup menjadi faktor penentu bagi individu untuk dapat mengalami depresi atau tidak. Setiap orang pasti pernah mengalami titik terlemah dalam perjalanan hidupnya. Semua orang juga pernah mengalami terluka secara batin. Akan tetapi tidak semuanya bisa memiliki kontrol diri untuk dapat mengatur emosi atau management stress. Keadaan ini lebih diperparah lagi apabila orang tersebut tidak sadar bahwa ia sesungguhnya sedang mengalami depresi. Mungkin juga karena ia kurang memiliki informasi mengenai gejala atau tanda-tanda depresi.

Depresi umumnya disebabkan oleh tiga faktor utama, yaitu genetik, biologis, dan lingkungan sosial. Keadaan tertekan akibat stress berlebihan yang tidak segera dikendalikan akan membawa orang mengalami depresi klinis. Dalam kondisi tersebut seseorang akan merasa murung, putus asa, kehilangan rasa percaya diri, bahkan memiliki kecendrungan untuk mengakhiri hidup. Seseorang yang sedang depresi biasanya tidak takut untuk menyelesaikan hidupnya dengan cara tragis.

Berikut tanda-tanda depresi yang perlu kita ketahui:

1. Memiliki perasaan sedih yang teramat sangat mendalam, merasa kosong.

2. Merasa diri tidak berharga.

3. Perasaan bersalah yang berlebihan hingga membenci diri sendiri.

4. Berhalusinasi.

5. Mudah putus asa atau menyerah.

6. Sulit untuk berkonsentrasi, mengingat detail, atau mengambil keputusan.

7. Memiliki obsesi berlebihan dalam melakukan sesuatu.

8. Kurangnya nafsu makan atau makan berlebihan.

9. Gangguan tidur atau insomnia akut.

10. Kehilangan minat terhadap sesuatu yang biasanya digemari.

11. Perasaan cemas berlebihan.

12. Menurunnya kondisi kesehatan.

13. Cendrung suka menyendiri, wajah yang selalu murung.

14. Mudah marah, atau perubahan mood mendadak secara drastis.

15. Sakit fisik tertentu yang biasanya terlihat jelas misalnya, sakit kepala, gangguan pencernaan, atau beberapa penyakit tertentu yang penyebabnya abstrak.

16. Memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Beberapa gejala di atas mungkin pernah kita alami mungkin saat kita stress. Akan tetapi sebelum berdampak semakin parah, ada baiknya kita segera menangani dengan bijak. Salah satu caranya, dengan mencari orang yang bisa dipercaya untuk berbagi pengalaman hidup.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Artikel lainnya: Ciri-Ciri Depresi Pada Anak.

Comment di sini