Tahap Penting dalam Mendapatkan Sponsor

by
March 27th, 2015 at 11:02 am

CiriCara.com – Dalam mengadakan sebuah acara, pasti biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu tidak sedikit dari mereka yang akan mengadakan sebuah acara, maka mereka membutuhkan bantuan sponsor dalam menyukseskan acara mereka. Sponsor yang dibutuhkan dapat memberi bantaun mereka dalam segi dana, publikasi, mauoun acara dan hal teknis lainnya.

cara dapat sponsorLalu, apakah kamu tahu hal penting apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam mendapatkan sposor? Berikut beberapa hal tersebut.

1. Hubungi Sponsor yang Dituju

Kalian bisa menulis tentang sponsor apa saja yang menjadi target kalian. Lalu kalian bisa cari contact personnya. Setelah itu kalian harus hubungi mereka. Apa maksudnya? Kalian menghubungi mereka untuk menawarkan mengenai acara yang kalian ingin buat. Kalian jelaskan tentang acara kalian secara singkat, lalu meminta alamat email atau alamat kantor untuk kalian mengirim proposal.

2. Kirim Proposal

Kalian harus kirin proposal mengenaik acra kalian. Proposal yang dikirim haruslah lengkap dan detail serta menarik. Karena dari proposal inilah, calon sponsor anda akan mengtahui kira-kira seperti apa acara kalian dan apa keuntungannya untuk mereka. Dari proposal jugalah awal ketertarikan mereka.

3. Follow Up

Terkadang, ada beberapa sponsopr yang tidak langsung menjawab penawaran kita. Hal ini dilakukan karena mungkin ada beberapa pekerjaan dan membuat mereka lupa. Kalian harus follow up dengan cara menghubungi mereka kembali lalu menanyakan mengenai apakah mereka tertarik untuk ikut ambil bagian dalam acara yang kita buat. Mungkin mereka akan nego atau mungkin merevisi penawaran yang mereka inginkan.

4. Deal

Bila sponsor tertarik, maka mereka akan menyatakan setuju untuk ikut dalam membantu acara kita. Nah, itulah tahap yang sangat menyenangkan. Itulah yang dinamakan deal. Lalu setelah deal, apa yang harus dilakukan, berikut di tahap kelima.

5. Kontrak

Nah, ini yang paling penting. Walaupun sudah deal, tapi belum tentu itu menjadi hasil akhir. Kalian harus menulis kontrak atau perjanjian secara tertulis karena inilah yang mengikat antara kita dengan sponsor.

Carilah sponsor sebanyak-banyaknya. Yang penting, kalian dan sponsor sama-sama memenuhi sesuai yang tertulis dalam kontrak. Selamat hidup sukses. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini