10 Makanan Mengatasi Nyeri Haid

by
March 30th, 2015 at 8:57 am

CiriCara.com – Bagi perempuan usia produktif seringkali haid dianggap musuh padahal ia layaknya sahabat setia yang senantiasa datang tiap bulan. Perempuan yang sedang haid bisa dimungkinkan menjadi seolah seganas singa yang lagi lapar. Akibat siklus rutin bulanan tersebut perempuan bukan hanya menanggung rasa sakit saat sedang haid, tetapi juga beberapa hari menjelang menstruasi. Istilah yang akrab terdengar ialah, PMS (premenstrual syndrome). Pada fase tersebut perempuan mengalami kondisi paling apik yang bisa membuat dunia di sekitarnya jungkir balik. Kombinasi perubahan emosi, fisik, psikologi dan suasana hati. Setelah PMS berlalu, kemudian masuk fase haid kondisi perempuan mengalami peluruhan darah di dinding rahim dan itu biasanya menimbulkan rasa nyeri dan kram pada perut.

nyeri haid

Nyeri haid – Ist

Supaya tetap bisa menjadi perempuan kalem nan elegan. Bagi kamu kaum yang kesetaraan hak-nya diperjuangkan Kartini. Kini saatnya kamu melengkapi diri dengan pengetahuan mengenai makanan yang dapat mengatasi rasa nyeri haid. Enggak mau dong dijauhin orang-orang hanya karena kamu dianggap judes. Padahal aslinya kamu lemah lembut.

Berikut makanan yang menjamin kamu sanggup menangkal rasa nyeri saat menstruasi:

1. Makanlah makanan yang mengandung serat tinggi. Kandungan serat yang tinggi dapat kamu temui pada kacang-kacangan. Seperti kacang almod atau kamu bisa juga mengonsumsi sayuran hijau.

2. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan. Seperti pada buah-buahan.

3. Kurangi atau jangan mengonsumsi makanan yang diolah, mengandung mecin, pengawet buatan, atau minuman bersoda.

4. Minumlah air mineral dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

5. Berhenti sejenak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein sepeti teh dan kopi.

6. Konsumsi sumber makanan yang mengandung mangan. Salah satunya terdapat pada nanas. Asupan mangan yang cukup dapat mengendurkan otot dan mencegah kram saat menstruasi.

7. Ada baiknya kamu menggunakan minyak zaitun atau minyak sayur yang baru untuk memasak.

8. Makan brokoli. Di dalam brokoli terdapat kandungan serat dan air yang mampu mengusir rasa kembung yang tidak nyaman saat sedang haid.

9. Makanlah cokelat. Cokelat dipercaya bisa menstabilkan kondisi mood. Itu karena cokelat sanggup meningkatkan hormone serotonin, yaitu hormone yang memproduksi perasaan gembira.

10. Ganti konsumsi susu full cream dengan susu kedelai. Karena susu full cream mengandung banyak lemak jenuh dan asam arakidonat yang bisa mengakibatkan rasa kram. Sedangkan susu kedelai mengandung protein nabati yang baik untuk mengatasi rasa kram menyakitkan.

Penulis: *SIAHAAN RONA*

Comment di sini