4 Kenangan Olga Bagi Industri Hiburan di Tanah Air

by
March 30th, 2015 at 11:36 am

CiriCara.com – Olga Syahputra telah berpulang untuk selamanya, dia meninggal di Singapura pada Jumat tanggal 27 Maret 2015, jam 16.17 waktu Jakarta atau jam 17.17 Waktu Singapura. Kepergiannya membawa duka yang begitu dalam bagi bangsa ini.

Olga Syahputra

Olga Syahputra / Tribunnews

Kehadiran sang Olga membawa perubahan di jagad Industri hiburan di Tanah Air, bahkan disebut-sebut bahwa Olga merupakan artis dengan bayaran tertinggi di Indonesia. Dengan bayaran yang begitu Dahsyat mahalnya, konon dia merupakan artis terkaya di negeri ini, dan Olga pun membuat perubahan bagi Industri hiburan tanah air.

Berikut empat perubahan yang dibawa Olga Syahputra bagi industri di negeri ini:

1. Berkat Olga, host lebih dari 2 pasangan. Sadar atau tidak olga membawa perubahan di industri televisi, dahulu kala program acara paling banyak menggunakan 2 host, tetapi dengan kehadiran Olga, di program acara Ceriwis menjadi awal bagi perubahan itu. Pada program acara tersebut. Olga muncul sebagai gimmick, dengan dandannya yang aneh-aneh, dia sanggup membikin penonton tertawa terbahak-bahak. Di samping itu dengan pengetahuan dan bahasa asing yang minim, justru menjadi kekuatan dalam mengocok perut penonton.

Hingga saat itu, nama Olga semakin melejit bagi meteor tak berekor. Banyak stasiun TV yang mengubah konsep acaranya demi memakai sosok Olga. Sehingga akhirnya acara musikpun awalnya hanya memiliki 1 atau 2 host, demi menyisipkan sosok Olga, akhirnya acara musikpun hostnya lebih banyak hingga 4 orang host.

2. Berawal dari penampilan Olga seperti sosok Waria. Di awal kemunculan televisi Olga terus mencari jati diri, pertama tampil dengan tampilan bagai Waria. Sosok waria di dunia televisi bukanlah hal baru. Dekade 1970-an ada Tante Sun alias Karjo ACDC, tahun 1980-an ada Mama Hengky, tahun 1990-an ada Tata Dado dan Ade Juwita. Dan memasuki tahun 2000-an ada Amink dan Olga Syahputra.

Tak hanya di televisi, dalam video klip Julia Perez, Olga pun tampil dengan dandanan wanita, dan sempat diprotes KPI, sehingga Olga pun akhirnya percaya diri tampil sebagai pria, hanya saja sesekali dia menampilkan sisi kemayu tanpa harus berdandan seperti halnya perempuan.

3. Honornya Dahsyat. Kabarnya honornya disebut-sebut termahal di Indonesia, untuk acara musik saja, Olga mematok harga 30 juta Rupiah, di program lainnya angka Olga lebih tinggi, untuk tampil di acara Ramadhan saja Olga mematok 90 juta per episode. Dan dalam sehari Olga tampil live di 3-4 program di berbagai stasiun televisi. Dan apa yang dilakukan Olga sangat wajar, mengingat perjuangan untuk masuk di industri hiburan di negeri ini cukup berat.

4. Peran Dibully jadi Peran Membully. Di awal kehadirannya, Olga menjadi sasaran tembak oleh artis lain. Demi memancing tawa, Olga sering memasang badan untuk dibully, bahkan dijambak, didorong atau disiram tepung. Kadang keseleo, karena terjatuh gara-gara didorong host atau lawan mainnya. Tetapi dia tidak pernah mengeluh atau membalas, yang penting penonton bisa ketawa walau dia sakit keseleo. Dan setelah cukup lama menjadi sasaran tembak, gantian dia yang berperan sebagai penembak. Dan Olga naik pangkat, untuk membully rekan kerjanya atau meledek temanya.

Olga Syahputra telah tiada, tidak ada lucu-lucuan atau membully, tidak ceplas-ceplos. Semuanya hanya kenangan, semoga dia tenang di sana. Amin.

Penulis: MasArif

Comment di sini