4 Manfaat Konsumsi Air Hangat

by
March 30th, 2015 at 9:32 am

CiriCara.com – Ini dia salah satu tips kesehatan lagi nih. Suka minum air hangat? Yah, sebagian besar dari kita sih memang suka minum sesuatu yang dingin seperti softdrink dingin atau pun es krim. Alasannya karena meminum sesuatu yang dingin akan menyegarkan tenggorokan dan tubuh.

anak minum air putih / Ist

anak minum air putih / Ist

Jangan salah nih, air hangat juga mengandung banyak manfaat loh. Nggak percaya? Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi air hangat.

1. Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

Kalau suatu saat kalian tengah mengkonsumsi sesuatu yang pedas, dan ingin menghilangkannya, sebagian besar dari kita pasti memilih minuman yang manis dan dingin tentunya. Namun, apakah kalian pernah mencoba dengan mengkonsumsi air panas saat kalian mengalami kepedasan, malah akan membuat rasa pedas dalam mulut itu menjadi hilang? Coba deh, kalau saat kalian kepedasan, kalian konsumsi air hangat. Hanya satu teguk saja, maka rasa pedas dalam mulut itu akan berkurang.

2. Kesehatan Mulut

Berkumur dengan air panas dapat juga menjaga kesehatan mulut. Cobalah berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam. Maka, hal itu akan berguna untuk mengurangi pembengkakan dalam kerongkongan, mengurangi iritasi dalam mulut, membunuh bakteri dalam mulut penyebab sakit kerongkongan, dan mengeluarkan lendir yang sulit dikeluarkan dari dalam mulut. Masa sih? Coba aja ya dan rasakan manfaatnya.

3. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Konsumsi air hangat secara rutin, akan membantu untuk menaikkan suhu tubuh pada manusia. Hal itu membuat tubuh kita menjadi mudah berkeringat. Keringat yang keluar itulah yang membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran maupun racun di dalam tubuh yang mungkin sudah menumpuk pada sistem kekebalan manusia. Dengan kata lain, konsumsi air hangat dapat menjaga kesehatan tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Terutama untuk kaum wanita nih. Ternyata minum air hangat dapat membantu untuk meningkatkan dan melancarkan metabolisme tubuh termasuk metabolisme dalam hal penceranaan. Dalam hal diet, kalian bisa mengonsumsi air panas dengan sedikit perasan jeruk lemon, maka tubuh kalain kan terasa lebih segar.

Mulai mau rutin minum air hangat? Selain harganya yang murah, kita mudah banget untuk mengonsumsinya untuk hidup sehat. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini