Cara Mengatasi Masalah Memori Penuh di Android

by
March 30th, 2015 at 10:47 am

CiriCara.com – Smartphone Android kamu tiba-tiba tidak bisa buat buka internet karena memori penuh? Padahal, sebelumnya kapasitas memori Android kamu masih sisa beberapa MB dan kamu pun belakangan ini belum menginstall aplikasi baru. Apa yang terjadi?

Android

Android – Ist

Memori pada smartphone Android itu memang bisa berkurang dengan sendirinya. Meskipun kamu tidak menginstall aplikasi baru, tapi memori Android akan tetap berkurang karena digunakan untuk menyimpan data atau cache dari aplikasi dan juga riwayat internet.

Lalu bagaimana cara agar memori internal smartphone Android kita tidak penuh lagi?

1. Hapus data atau cache

Aplikasi internet, BBM, dan permainan akan menyedot memori internal Android dengan sendirinya untuk menyimpan data atau cahce. Misalnya, kamu hari ini sudah menyelesaikan permainan sampai level 10 dan menutup aplikasi karena sudah lelah. Dengan adanya data/cache tadi, maka kamu bisa langsung melanjutkan ke level 11 saat membuka aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi memori penuh, kamu bisa hapus data atau cache tersebut. Caranya, pilih pengaturan, terus aplikasi, terus pilih aplikasi yang mau dihapus data atau cache-nya. Dengan demikian memori Android kamu bisa bertambah. Tapi sayangnya kita bakal kehilangan data aplikasi tersebut, jadi mulai lagi dari level 1.

2. Pindah aplikasi

Sebaiknya instal aplikasi ke SD Card sehingga memori internal tidak cepat penuh. Coba kamu buka pengaturan dan pilih kelola aplikasi. Lihat satu per satu aplikasi, pindah aplikasi yang ada di telepon ke SD Card.

3. Install App 2 SD

Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD Card, contohnya BlackBerry Messenger (BBM). Nah, di sini kamu bisa install aplikasi “App 2 SD” untuk “memaksa” aplikasi BBM tadi agar bisa pindah ke SD Card. Namun smartphone Android kamu harus di-root dulu.

4. Install Cache Cleaner

Kamu bisa install cache cleaner yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini berguna untuk menghapus cache tanpa harus membuka menu “pengaturan” atau “setting”. Aplikasi ini juga bisa disetting sehingga akan melakukan penghapusan cache secara otomatis sesuai jadwal yang kamu buat. Jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi.

5. Hapus aplikasi

Jika cara-cara di atas tetap tidak mampu mengatasi masalah memori penuh, kamu bisa mengatasinya dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Terutama yang terinstall di memori telepon/internal. Caranya, pilih menu “pengaturan” terus pilih aplikasi dan copot pemasangan aplikasi tersebut.

Jika ternyata masalah memori penuh itu tak kunjung hilang, kamu bisa melakukan cara terakhir yakni memformat semua data Android. Dengan demikian memori kamu akan kembali ke semula. Namun sayangnya kamu akan kehilangan semua data di Android, jadi sebaiknya buat backup terlebih dahulu sebelum melakukan format.

(YG)

Comment di sini