Cara Mengenali Agen Travel Umroh Penipu

by
March 30th, 2015 at 1:27 pm

CiriCara.com – Umroh menjadi salah satu rangkaian ibadah yang sangat diimpikan banyak masyarakat muslim. Bisa berkunjung ke Tanah Suci untuk beribadah dan memanjatkan doa kepada Sang Pencipta. Apakah Anda juga berencana untuk melaksanakan umroh?

Umroh

Umroh – Ist

Namun, banyaknya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umroh sering dijadikan kesempatan para agen travel palsu untuk menipu. Mereka menawarkan berbagai kemudahan paket umroh namun tidak pernah sekali pun memberangkatkan nasabahnya.

Tidak mau tertipu oleh agen travel palsu? Yuk simak caranya berikut ini:

1. Menggunakan figur

Agar terlihat meyakinkan, agen travel umroh palsu ini biasanya sering mencatut nama-nama figur terkenal. Baik itu selebritis maupun para ulama. Karenanya Anda jangan mudah percaya, sebelum ada bukti yang nyata. Minimal harus ada testimoni dari artis atau ulama yang dicatut agen travel tersebut.

2. Harga murah

Jangan mudah percaya dengan agen travel umroh yang menawarkan paket dengan harga sangat murah. Pasalnya, hal ini rawan dengan penipuan. Menurut Amin Ahmad, Direktur Utama Balubaid Tours & Travel berdasarkan moratorium asosiasi, biaya paling murah untuk umroh adalah sebesar 1850 USD. Jika ada agen travel yang menawarkan harga lebih murah dari harga tersebut, patut dicurigai.

3. Cek keresmian agen travel

Sebelum Anda memilih agen travel umroh, ada baiknya cek dulu keresmian dokumen mereka. Karena agen umroh yang resmi itu biasanya sudah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia. Anda bisa langsung mengecek nama agen tersebut di situs Kemenag.go.id.

4. Gali informasi

Agar tidak mudah ditipu, sebaiknya Anda mulai memperbanyak informasi mengenai umroh. Baik itu soal seputar agen travel atau pun tata cara umroh itu sendiri. Dengan demikian Anda akan bisa dengan mudah membedakan mana agen travel resmi dan mana yang palsu.

5. Referensi keluarga

Daripada memilih agen travel yang tidak jelas, lebih baik pilih agen travel umroh yang sudah terbukti kebenarannya. Entah itu referensi dari teman, rekan kerja, atau anggota keluarga yang memang sudah pernah menggunakan jasa agen travel tersebut.

Jangan sampai niat untuk ibadah malah jadi musibah. Pilih agen terpercaya, walau pun sedikit mahal, tapi sudah pasti berangkat dan lebih aman tentunya. Semoga bermanfaat.

(YG)

Artikel lainnya: Salah Pakai Kain Ihram, Umroh Jokowi Dinilai Cuma Pencitraan.

Comment di sini