Game Dana Siluman Ini Terinspirasi Kisruh Ahok vs DPRD

by
March 30th, 2015 at 11:22 am

CiriCara.com – Menarik memang mencermati perseteruan antara Gubernur Daerah Khusus Ibukota, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok dengan kalangan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jakarta. Perseteruan itu memang telah membuat ramai jagad pemberitaan. Berpekan-pekan, mungkin hingga sekarang, perseteruan antara Ahok dengan elit parlemen Jakarta diulas hampir oleh semua media, terutama media mainstream. Bahkan, jadi headline atau jadi berita utama di mana-mana.

Game Dana Siluman

Game Dana Siluman – Ist

Dalam drama perseteruan itu pun, muncul dua tokoh utama. Ahok, sang gubernur. Dan satunya lagi adalah Haji Abraham Lunggana atau biasa dipanggil Haji Lulung, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Bisa dikatakan, Ahok dan Haji Lulung jadi aktor utama dari perseteruan itu. Ahok berhadapan dengan Haji Lulung, demikian para pengamat menyingkat perseteruan antara eksekutif dan legislatif di Jakarta tersebut. Ahok mewakili eksekutif. Sementara Haji Lulung merepresentasikan legislatif ibukota.

Perseteruan itu dipicu oleh pembahasan anggaran yang akan dituangkan dalam APBD DKI Jakarta. Ahok menuding kalangan DPRD menitipkan program-programnya dalam rancangan anggaran hingga muncul tudingan adanya anggaran siluman. Kalangan dewan tak terima, mereka pun menggulirkan hak angket, dan melaporkan Ahok ke polisi. Ahok tak mau kalah, melaporkan dugaan anggaran siluman ke Komisi Pemberantasan Korupsi. “ Perang” pun jadi ramai.

Namun yang menarik, selalu saja muncul kreativitas-kreativitas dari konflik tersebut. Salah satu kreativitas yang lahir dari konflik Ahok versus DPRD DKI Jakarta, adalah munculnya sebuah game yang diberi nama game dana siluman.

Dari sebuah berita yang diunggah salah satu portal Merdeka.com, diulas tentang munculnya game dana siluman. Game ini dibuat oleh sebuah perusahaan startup di Tanah Air, Vorir Studio. Berita tersebut juga mengutip keterangan dari pemilik Vorir Studio yang berkantor di Bogor. Menurut pihak Vorir Studio, game dana siluman memang terinspirasi dari konflik Ahok versus DPR.

Kini setelah dilaunching, game tersebut sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Pihak Vorir Studio sendiri menegaskan, game dana siluman bukan untuk menyudutkan salah satu kelompok. Tapi ini murni “permainan” asah pikiran. Kata mereka, kenapa game tersebut diberinama game dana siluman, itu adalah istilah untuk menyebut dana yang besarnya tak sesuai dengan nilai suatu barang, alias dana yang dimark up.

Nah, bagi yang memiliki smartphone berbasis sistem operasi Android, bisa mengunduh game dana siluman. Silahkan menikmati permainannya, sembari membayangkan menjadi Ahok atau DPRD. Tertarik, buruan segera unduh. Mumpung konflik belum kelar, dan masih ramai.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini