10 Manfaat dan Fungsi Reboisasi

by
March 31st, 2015 at 1:10 pm

CiriCara.com – Banjir, bisa dikatakan sudah jadi menu rutin bukannya di Jakarta, tapi nyaris di seluruh wilayah Indonesia. Setiap musim penghujan tiba, informasi tentang banjir, seperti datang tiada henti. Berita banjir di Jakarta, tentunya yang paling ‘menghebohkan’ diberitakan. Maklum Jakarta, adalah Daerah Khusus Ibukota alias berstatus istimewa sebagai pusat pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bisa dikatakan Jakarta, adalah etalase utama dan pertama Indonesia yang akan di lihat orang luar ketika hendak melihat Indonesia. Jakarta, adalah wajah pertama Indonesia. Buruk di Jakarta, buruk pula Indonesia, demikian kata pengamat menganalogikan posisi penting dari Jakarta.

manfaat reboisasi,

Reboisasi – Ist

Maka ketika Jakarta di landa banjir, apalagi banjir yang melanda itu intensitas dan skalanya cukup luas, maka publik pun geger. Ya, memang harus diakui, banjir seperti jadi penyakit klasik yang sampai sekarang belum juga bisa diobati. Pangkal sebabnya cukup komplek, mulai dari beralihfungsinya lahan hijau baik di Jakarta, maupun di kawasan puncak, sampai menyempit dan mendangkalnya ruas sungai yang melewati Jakarta.

Banyak pengamat menyarankan, perlu ada solusi radikal untuk mengatasi banjir. Salah satunya adalah melakukan reboisasi kawasan Puncak Bogor yang sudah rusak karena disulap jadi villa-villa. Perlu ada upaya penghijauan besar-besaran di Puncak. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat dari reboisasi. Tentang ini, saya mendapat penjelasan dari kuliah twitter atau kultwit yang ditweetkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jakarta via akun twitternya @BPBDJakarta.

Mengutip kultwit yang diposting akun @BPBDJakarta, ada 10 manfaat dan fungsi dari reboisasi. Manfaat dan fungsi pertama, adalah mengurangi erosi tanah oleh angin dan air. Manfaat dan fungsi reboisasi yang kedua, menurut @BPBDJakarta, pelestraian kesuburan lahan pertanian sekitarnya. Lalu manfaat dan fungsi yang ketiga, adalah kenaikan kadar air tanah.

Fungsi dan manfaat reboisasi yang keempat kata akun @BPBDJakarta, adalah perlindungan cekungan air tanah. Fungsi dan manfaat yang kelima, reboisasi dapat merestorasi keanekaragaman hayati. Kemudian fungsi dan manfaat reboisasi yang keenam, reboisasi dapat menghentikan ancaman penggurunan. Fungsi dan manfaat yang ketujuh, reboisasi juga adalah upaya pencegahan banjir oleh penyimpanan air kapasitas tinggi di hutan.

Sedangkan fungsi dan manfaat reboisasi kedelapan, reboisasi di daerah pegunungan, merupakan perlindungan terhadap longsoran. Fungsi dan manfaat kesembilan, reboisasi berfungsi bagi pemanfaatan kayu atau eksploitasi buah, daun, dan lain-lain. Dan yang kesepuluh, reboisasi sebagai penangkapan dan penyimpanan CO 2 untuk mengurangi efek rumah kaca (penyerapan CO 2).

Penulis: Agus Supriyatna
@rakeyanpalasara

Comment di sini