Apa itu Hemodialisis?

by
March 31st, 2015 at 8:51 am

CiriCara.com – Hemodialisis atau nama lain dari cuci darah, berasal dari kata hemo artinya darah dan dialysis artinya zat-zat terlarut, jadi hemodialisis merupakan proses pembersihan semua darah-darah dari zat-zat sampahdilakukan melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialysis.

Cuci Darah

Cuci Darah – Ist

Cara kerja cuci darah ini adalah darah dikeluarkan dari dalam tubuh penderita kemudian diedarkan dalam mesin di luar tubuh, sehingga secara tidak langsung bahwa proses ini memerlukan jalan keluar-masuknya aliran darah. Maka dibuatlah jalur buatan di antara pembuluh arteri dan vena atau sering disebut dengan fistula arteriovenosa melalui pembedahan. Kemudian dengan selang darah dari fistula, maka darah dialirkan dan dipompa ke dalam mesin dialysis. Agar tidak terjadi pembekuan darah maka selama selama proses pencucian diberikan obat antibeku yaitu Heparin

Proses pencucian darah ini dilakukan oleh tabung yang dinamakan dialiser, di dalam dialiser terjadi proses pencucian dan ini sangat mirip yang dilakukan di dalam ginjal. Pada dialiser terdapat dua kompartemen serta sebuah selaput di tengahnya. Mesin ini berfungsi sebagai pencatat dan pengontrol pada aliran darah, tekanan dan suhu.

Aliran darah yang masuk ke salah satu kompartemen dialiser, dan kompartemen lainya dialirkan dialisat yaitu suatu cairan yang memiliki komposisi kimia dan menyerupai cairan tubuh normal. kedua kompartemen ini dipisahkan oleh selaput semipermeabel yang dapat mencegah dialisat mengalir secara berlawanan arah. Semua zat-zat sampah dalam pencucian darah tersebut seperti zat racun dan air yang ada dalam darah dapat dialirkan melalui selaput semipermeabel menuju dialisat. Dan selama penyaringan darah terjadilah peristiwa yaitu disfusi dan ultrafiltrasi.

Rata-rata setiap orang memerlukan waktu sembilan sampai dua belas jam dalam seminggu untuk menyaring seluruh darah dalam tubuh. Akan tetapi biasanya proses ini dibagi menjadi tiga kali pertemuan selama seminggu, atau tiga sampai lima jam tiap penyaringan. Dengan catatan tergantung juga pada tingkat kerusakan ginjalnya. Demikian tentang penjelasan cuci darah dan proses pencucian. Semoga kita tetap sehat.

Penulis: MasArif

Comment di sini