Apa itu Sinar UV Tipe B?

by
March 31st, 2015 at 2:05 pm

CiriCara.com – Sebelumnya, saya sudah menuliskan artikel mengenai apa itu sinar UV tipe A. Sedikit mengulang, sinar UV atau singkatan dari sinar Ultra Violet, merupakan sinar yang berasal dari pancaran sinar matahari. Sinar Ultra Violet ini terdiri dari dua jenis, yang pertama sinar UV tipe A seperti yang sudah saya jleaskan sebelumnya. Yang kedua adalah sinar UV tipe B.

uvb

Sinar UVB – Ist

Lalu apa sih perbedaannya? Karena namanya berbeda, pasti ada hal yang berbeda dong. Berikut beberapa hal mengenai sinar UV tipe B.

1. Panjang Gelombangnya Hanya Tingkatan Menengah

Sinar UV tipe A merupakan sinar dengan panjang gelombang terpanjang. Namun, pada sinar UV tipe B, panjang gelombang yang dimilikinya tidak sepanjang dengan sinar UV tipe A. Sinar UV tipe B memiliki panjang gelombang menengah. Dengan panjang gelombang yang seperti itu, sinar UV tipe B hanya dapat mencapai kulit bagian luar. Tidak seperti sinar UV tipe A yang dapat menembus hingga ke pembuluh darah, sinar UV tipe B hanya dapat menembus di bagian kulit luar tubuh.

2. Radiasinya ada Pada Waktu Tertentu

Tidak seperti sinar UV tipe A yang radiasinya dapat memantul dari benda tak tembus, dan dapat menmbus kaca. Sinar UV tipe B memiliki radiasi yang paling berbahaya hanya pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Kenapa pada jam segitu? Hal ini dikarenakan pada jam segitu, posisi matahari terhadap bumi adalah tepat berada di puncaknya, karena itu, radiasi pada jam segitu adalah radiasi yang paling berbahaya.

3. Dapat Mengganggu Kesehatan Kulit Bahkan Bisa Berakibat Fatal

Kelihatannya sepele, karena radiasi yang dipancarkan hanya dapat menembus kulit bagian luar saja. Jangan salah, walaupun hanya dapat menembus kulit bagian luar, radiasi sinar UV tipe B dapat membakar kulit yang mengakibatkan warna kulit menjadi kemerahan akibat efek tadi, menyebabkan kulit terasa perih, bahkan yang paling parah bisa membuat kulit menjadi mengelupas.

Sesuai saran sebelumnya, rawtalah kulit kalian, gunakan pelembap, konsumsi makanan sehat dan jug hindari kontak sinar matahari secara langsung tanpa balutan busana, misalnya pada tangan. Selamat hidup sehat. Smeoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini