Cara Membuat Pisang Bolen Khas Bandung

by
March 31st, 2015 at 1:51 pm

CiriCara.com – Salah satu kue khas Kota Bandung yang sering jadi oleh-oleh para wisatawan adalah kue pisang bolen. Kue yang satu ini memang mirip dengan pisang molen, namun bentuknya berbeda. Soal rasa, pisang bolen ini juga lebih variatif dibanding pisang molen.

pisang bolen

Pisang Bolen – Ist

Pisang bolen ini biasanya diisi dengan paduan pisang, cokelat, dan keju di dalamnya. Makanya nggak heran jika rasa kue pisang bolen terkenal manis dan empuk saat digigit. Berbeda dengan pisang molen yang di dalamnya hanya ada potongan pisang saja.

Kamu mau belajar cara membuat kue khas Bandung yang satu ini? Yuk langsung simak caranya berikut ini:

Bahan:

- 1 lembar adonan pastry puff instant (kamu bisa buat sendiri atau beli di pasar).
- 1 buah pisang. Potong jadi 3 atau 4 bagian, kupas lalu belah jadi dua di setiap bagiannya.
- Keju cheddar secukupnya
- Dark coklat beku
- 1 butir telur ayam, ambil kuningnya dan pisahkan dari putih telurnya
- Meses coklat atau keju parut, pilih sesuai selera. Untuk taburan

Cara membuat:

1. Siapkan adonan pastry di atas meja atau papan yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket atau menempel. Potong adonan pastry menjadi 6 bagian dengan bentuk persegi panjang. Lalu giling dengan rolling agar jadi lebih tipis dan lebih rata

2. Setelah adonan pastry siap, tambahkan pisang, dark coklat, dan keju di tengah-tengah lembaran pastry tadi. Seberapa banyak isinya? Itu sesuai selera Anda saja. Yang penting muat di lembaran pastry agar bisa dilipat.

3. Lipat pastry hingga menutupi bagian isinya. Lipat di semua sisinya hingga tertutup rapat. Agar lipatannya tidak lepas saat dipanggang, kamu bisa rekatkan lipatan pastry dengan olesan putih telur.

4. Tata di atas loyang yang sudah diolesi margarin secara rata, dengan bagian yang terlipat berada di bawah. Oleskan kuning telur di atas adonan yang sudah siap tadi secara merata. Tambahkan taburan meses atau keju sesuai selera.

5. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 15 – 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Atau sampai kue berwarna keemasan.

Taraaaa! Kue pisang bolen khas Bandung sudah jadi. Susun di atas piring saji dan nikmati enaknya pisang bolen buatan sendiri bersama dengan keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

(YG)

Comment di sini