Cara Ngirit yang Ampuh Buat Anak Kost

by
March 31st, 2015 at 4:13 pm

CiriCara.com – Sebagai anak kost yang hidup jauh dari orang tua sudah tentu kamu harus hidup ngirit dan bahkan ekstra irit. Bila perlu, uang Rp 1.000 harus cukup untuk kebutuhan selama satu minggu, bulan, atau bahkan tahun.

hemat anak kost

Hidup hemat – Ist

Meski terkadang kamu masih mendapat kiriman dari orang tua, namun tetap aja kamu harus hidup irit. Jangan dibiasakan selalu minta, minta, dan minta terus. Coba deh kamu hidup irit, kalo bisa, uang transferan dari orang tua kamu bisa cukup atau mungkin ada sisanya.

Hidup ngirit saat nge-kost itu sederhana, cukup makan mie instan atau ikut makan di rumah temen selama satu bulan. Selain dari sektor makanan, ada juga lho sektor lain yang bisa kamu irit lagi. Mau tahu caranya?

1. Pakai pasta gigi secukupnya

Sadar nggak sih kamu kalo sikat gigi itu sering ada pasta gigi yang berjatuhan? Nah, itu namanya pemborosan. Daripada ngolesin pasta gigi setinggi gunung yang ujung-ujungnya pada jatuh, mendingan kamu oleskan pasta gigi secukupnya aja, yang penting efektif.

2. Sampai titik penghabisan

Pasta gigi, shampo, dan detergen cair kamu sudah habis? Yakin sudah habis? Coba deh kamu lipat-lipat lagi bungkusnya supaya nggak ada yang tersisa. Bila perlu gunting bungkusnya dan bersihkan semua isinya yang ada di dalam. Tambahkan air, kocok-kocok sampai nggak ada sisanya sama sekali.

3. Rendam pakaian

Cara apa yang kamu pakai untuk mencuci pakaian? Merendam lalu menyikatnya sambil menambahkan sabun lagi? Lebih baik mulai sekarang cukup direndam saja lalu digosok pake sikat atau tangan, tapi jangan ditambah sabun colek lagi. Itu pemborosan. Takut nggak wangi? Kan ada parfum? Yang penting pakaian bebas dari noda.

4. Jangan beli parfum

Pengen tampil wangi dan rapi setiap saat? Nggak perlu beli parfum. Cukup beli pelicin buat setrika, maka otomatis pakaian kamu akan wangi seketika meski tidak pakai parfum. Pilih pelicin yang sekaligus membuat pakaian kamu harum. Ingat, pelicin ini bukan oli lho ya.

5. WiFi gratis

Buat ngehemat anggaran pulsa internet, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis. Dengan demikian kamu nggak perlu repot-repot beli pulsa terus pilih paket internet yang kadang suka error gara-gara pulsa tidak mencukupi.

Gimana guys, kalian masih punya cara ampuh lainnya buat hidup ngirit saat jadi anak kost? Atau kamu kurang setuju dengan cara-cara di atas? Ayo silakan diskusiin di kolom diskusi di bawah ini.

(YG)

Comment di sini