Donor Darah dan Manfaatnya

by
March 31st, 2015 at 11:24 am

CiriCara.com – Pernah donor darah? Donor darah itu bukan sekedar menyumbang biasa loh. Dengan menyumbangkan darah kita, kita memberikan kesempatan lebih untuk hidup orang lain. Dengan melakukan donor darah, kita juga telah ikut serta dalam menyelamatkan nyawa pasien yang mengalami kekurangan darah.

Donor Darah

Donor Darah – Ist

Selain penerima, manfaat donor darah juga akan dirasakan oleh si pendonor sendiri. Jadi, selain bisa menyelamatkan hidup seseorang, donor darah ini juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh lho. Darah kamu yang sudah didonorkan akan digantikan oleh darah baru yang diproduksi oleh tubuh dari makanan sehat.

Pengen tahu apa saja manfaat dari donor darah? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

1. Melindungi jantung

Berdasarkan American Journal of Epidemology, pendonor darah yang rutin beresiko 88% lebih rendah terserang penyakit jantung. Tidak hanya itu, donor darah juga mengurangi 33% resiko menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Membakar kalori

Sekali mendonorkan 500 ml darah, 650 kalori ikut terbakar. Akan tetapi, patut diingat untuk tidak menggunakan donor darah sebagai program diet.

3. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa jadi disebabkan oleh stress yang berlebih. Donor darah dapat mencegahnya. Pasalnya, kegiatan ini dapat menstabilkan pikiran dalam menghadapi masalah. Sehingga lebih dapat bertahan untuk menghadapi stres. Selain itu, donor darah secara teratur dapat membantu untuk mengencangkan kulit yang mengakibatkan keriput sulit muncul.

Selain ketiga manfaat di atas, hasil dari donor darah nantinya akan digunakan untuk melakukan transfusi darah untuk penerima yang menderita Thalasemia mayor (penyakit genetis yang mengakibatkan penderitanya kekurangan haemoglobin sehingga sulit untuk menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh yang dapat berujung pada kematian), pasien yang harus melakukan operasi besar, atau korban kecelakaan yang membutuhkan banyak darah, serta para ibu melahirkan yang kerap mengalami pendarahan besar.

Masih banyak manfaat lain dari donor darah. Setetes yang kita sumbangkan begitu berarti bagi orang lain. Perlu diingat, satu kantong darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan tiga orang. Budayakan donor darah untuk kita dan sesama.

Penulis: Myra Florencia

Editor: YG

Comment di sini