Harapan Netizen untuk Pak Polisi Atasi Pembegalan

by
March 31st, 2015 at 2:34 pm

CiriCara.com – Akhir-akhir ini aksi pembegalan sepeda motor memang kian meresahkan. Bukan hanya sudah banyak yang jadi korban, bahkan sampai meninggal dunia, tapi aksi pembegalan kian nekad saja. Mereka para pembegal, tak hanya beroperasi pada malam hari atau dini hari, tapi sudah berani melakukan kejahatan pada siang hari, bahkan di tengah keramian. Tidak hanya itu, daerah operasi mereka pun tak hanya di jalan-jalan raya yang sepi, namun juga sudah menyasar ke perumahan. Meninggalnya supir Taksi Bluebird yang ditembak oleh kawanan pembegal saat mempertahankan motornya yang hendak digondol di rumahnya, adalah bukti bahwa pembegal sudah menyasar ke pemukiman.

begal

Ilustrasi begal motor – Ist/Motorplus-online.com

Polisi pun diminta bertindak tegas. Memang polisi sudah meringkus beberapa kawanan pembegal, di seluruh Indonesia. Bahkan menembak mati beberapa pentolannya. Tapi, polisi diharapkan lebih tegas lagi, agar pembegal benar-benar jera dan takut melakukan aksinya. Harapan pada Pak Polisi itu tak hanya datang dari dunia nyata. Namun di dunia maya, para netizen juga lantang menyuarakan harapan yang sama agar polisi bertindak tegas terhadap pelaku pembegalan.

Saya pun coba merekam harapan para netizen untuk Pak Polisi. Pemilik akun Twitter @matiasbimo misalnya memposting kicuaannya berisi harapan kepada Pak Polisi dalam mengatasi pembegalan, “Pak polisi @NTMCLantasPolri tolong buat patroli tengah mlm rutin di wil polsek seluruh indonesia, #pembegalan sangat meresahkan #begal,”

Harapan serupa dikicaukan oleh Tedy Ginting, pemilik akun @tedyginting. Menurut Tedy di akun Twitternya, ini adalah saatnya polisi membuktikan diri jadi pengayom masyarakat yang bisa membuat rakyat merasa aman beraktivitas. “Saatnya #polisi memberikan perannya thd masy. Krn saat ini dg isu #begal masy. Takut beraktifitas malam hari, saatnya #polisi mbuktikan diri,” kicaunya.

“Dg dibakarnya #begal yg ditangkap warga bukti klo masy. lbh memilih hukum rimba yg dirasakan lbh ampuh tuk menekan kejahatan drpd #polisi,” kicua Tedy Ginting lagi.

Sedangkan Wishnu Adhikresna pemilik akun Twitter @SayurAsem, meminta para pengusaha ikut membantu polisi menciptakan keamanan, misalnya menyumbang CCTV yang dipasang di daerah-daerah rawan. “1 pengusaha 2 titik CCTV. Mereka tenang, polisi senang … Daripada susah2 naruh petugas kedinginan di titik2 rawan. #begal,“ cuit Whisnu.

Whisnu juga mencuitkan kicuan lainnya, menyambung cuitan pertamanya tentang pentingnya pengusaha membantu polisi. Via akun @SayurAsem, Whisnu mencuitkan harapan dan sarannya. “Klo gak ada dana, polisi minta tolong pengusaha2 untuk membantu CCTV, mereka pasti mau … #begal,” katanya.

Sedangkan Juliana Olivia pemilik akun @jullioliv, berpendapat sepertinya kalangan TNI mesti ikut turun tangan mengatasi aksi pembegalan. “Peran kepolisian dan masyarakat blmlah cukup, hrs ada tindak lanjut kalo perlu sampe militer hrs turun tangan @JakartaKeras #begal,” kicau Juliana lewat akun Twitternya.

Lain halnya dengan Teguh Ahmad, pemilik akun @teguhahmad70. Lewat akun Twitternya, ia menyarankan polisi jangan hanya melakukan patroli pada malam hari, tapi juga berpatroli di malam hari. “Harusnya polisi patroli dimalam hari. jngn cuma tilang aja disiang hari #begal,” tulis Teguh di akun Twitternya.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini