Kumpulan Artis yang Jadi Politisi

by
March 31st, 2015 at 3:21 pm

CiriCara.com – Artis terjun ke politik mungkin sekarang, bukan hal yang luar biasa lagi. Sudah banyak artis yang hijrah ke dunia politik. Bahkan beberapa sudah ada yang masuk ke Senayan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat alias jadi wakil rakyat. Beberapa lagi, mencoba peruntungan lewat pemilihan kepala daerah, baik sebagai calon kepala daerah maupun calon wakil kepala daerah. Ada yang berhasil, tapi banyak juga yang gagal menang.

Artis Jadi Politisi

Artis Jadi Politisi – Ist

Siapa saja mereka para artis yang ‘hijrah’ ke dunia politik? Ini kompilasi artis yang terjun ke gelanggang politik yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber. Tantowi Yahya, presenter yang juga penyanyi lagu-lagu country adalah salah satu artis yang terjun ke dunia politik. Tantowi masuk politik praktis lewat bendera partai Golkar. Dan, sukses, terpilih jadi anggota dewan. Kini Tantowi tercatat sebagai anggota Komisi I DPR RI.

Artis lainnya adalah Nurul Arifin. Artis yang pernah membintangi ‘film-film’ yang cukup panas ini, mengikuti jejak Tantowi masuk politik lewat Partai Golkar. Sempat terpilih jadi anggota DPR pada pemilu legislatif 2009, tapi di pemilu legislatif 2014, Nurul gagal melenggang ke Senayan. Pelawak atau komedian Komar juga tak mau ketinggalan masuk politik. Komar masuk politik lewat Partai Demokrat. Komedian lainnya yang masuk politik adalah Miing Bagito. Miing terjun ke dunia politik lewat PDIP, partai yang sekarang dinakhodai Megawati Soekarnoputri.

Artis Dicky Chandra pernah mencoba peruntungan terjun ke dunia politik. Dalam pemilihan kepala daerah di Garut, Dicky maju ke gelanggang pemilihan berduet dengan Aceng Fikri, sebagai calon Wakil Bupati. Dan Dicky berhasil menang. Tapi kemudian mengundurkan diri. Artis lainnya Dede Yusuf. Bersama dengan Ahmad Heryawan, Dede pernah memenangi pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Jawa Barat. Jadilah Dede, Wakil Gubernur, mendampingi Ahmad Heryawan. Tapi dalam pemilihan gubernur berikutnya, melawan Ahmad Heryawan, Dede gagal jadi jawara. Tapi kini Dede, tercatat sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat, setelah menang dalam pemilihan legislatif 2014.

Lalu siapa lagi artis yang masuk dunia politik? Artis lainnya yang masuk dunia politik adalah Rieke Dyah Pitolaka. Rieke masuk politik lewat PDIP. Rieke berhasil masuk Senayan dan tercatat sebagai anggota DPR. Andre Taulani, bintang ‘OVJ’ juga sempat mencoba mencicipi dunia politik dengan maju dalam pemilihan wali kota Tangsel, tapi tak beruntung. Andre gagal dalam pemilihan. Namun nasib mujur dialami aktor Deddy Mizwar. Deddy si Nagabonar ini, sukses terpilih jadi Wakil Gubernur mendampingi Ahmad Heryawan.

Artis lainnya adalah, penyanyi Tere yang sempat jadi anggota DPR Partai Demokrat. Lalu, Angelina Sondakh, mantan Putri Indonesia, yang juga pernah jadi anggota DPR dari Partai Demokrat. Sayang kemudian ia terjerat kasus korupsi. Desy Ratnasari (PAN), Angel Lelga, penyanyi dangdut (PPP), Anang Hermansyah, penyanyi dan pencipta (PAN), Krisna Mukti, pesinetron (PKB), Nico Siahaan, presenter (PDIP), Sys NS (Demokrat), Rhoma Irama (bakal Capres PKB, Helmi Yahya (calon kepala daerah di Sumsel), Pasha Ungu (akan maju sebagai calon Wali Kota), Ikang Fahwzi (PAN), Anwar Fuadi (Hanura) dan masih banyak lagi.

Demikian adalah sederet artis yang hijrah ke dunia politik. Seorang pengamat politik mengatakan, fenomena arti masuk politik, bisa diistilahkan, habis artis, terbitlah artis. Karena memang artis laris manis digaet partai untuk dicalonkan baik sebagai calon legislatif, maupun sebagai calon kepala daerah.

Penulis: Agus Supriyatna
@rakeyanpalasara

Comment di sini