Mengenal Kekerasan Pada Anak

by
March 31st, 2015 at 11:39 am

CiriCara.com – Beberapa tahun terakhir ini baik di media massa atau koran online banyak kejadian mengenai kekerasan pada anak. Anak yang masih suci dan tidak berdosa ini harus menderita karena menerima perlakuan kasar dari orangtua maupun dari oranglain. Pengelaman kekerasan ini akan membekas sepanjang hidupnya dan akan menimbulkan masalah dikala tumbuh remaja hingga menjadi orang tua nantinya. Anak merupakan titipan dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, dan kita sebagai orangtua mempunyai tanggungjawab yang besar dan istimewa untuk membesarkan dalam lindungan kasih sayang.

anak-anak

Anak depresi – Ist

Kekerasan pada anak biasanya disebabkan karena kurangnya pengertian ataupun kealpaan dari orangtua atau orang dewasa yang memiliki keji dan bringasan. Kekerasan pada anak merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan dalam bentuk apapun dan ini berkaitan dengan hukum dan undang-undang negara.

Di bawah ini adalah hal-hal yang menyangkut kekerasan pada anak:

  1. Kekerasan fisik merupakan kekerasan yang diakibatkan oleh orangtua/dewasa yang menjadikan cedera fisik terhadap seorang anak. Termasuk dalam kekerasan fisik, tidak terpenuhinya kebutuhan sandang pangan termasuk gizi, tempat tinggal, pendidikan dasar, pengobatan.
  2. Kekerasan secara psikis, apabila orangtua/dewasa tidak memberikan kasih sayang, dorongan serta bimbingan, juga meremehkan anak.
  3. Kekerasan seksual, apabila seorang anak dicabuli secara paksa oleh orang dewasa berapapun usianya.
  4. Kekerasan orang terdekat. Hal ini biasanya dilakukan oleh orangtua, saudara dekat yang memperlakukan anak sewenang-wenang dan tidak memberikan kasih sayang dan perhatian.
  5. Kekerasan dari orang lain. Sebelum terjadi kekerasan memiliki kedekatan dengan anak, sehingga bila ada masalah, maka akan secara langsung bercerita kepada orangtua/dewasa. Jelaskan secara detail bagaimana orang lain akan membujuk anak dengan makanan, uang, permen atau mainan. Berikan pengertian dan pemahaman pemahaman perbuatan yang sering dilakukan oleh orang belum dikenalnya.
  6. Laporkan kepada pihak berwajib dan bantu korban kekerasan. Bila terjadi kekerasan secara psikis atau fisik dan seksual, segera laporkan kepada pihak yang berwajib. Guna mengambil langkah yang efektif agar si pelaku dapat diproses secara hukum dengan cepat.

Penulis: MasArif

Comment di sini