Apa Itu Hari Jumat Agung?

by
April 1st, 2015 at 8:45 am

CiriCara.com – Setiap orang suka hari Jum’at kan? Iya dong, apalagi yang kerja dan yang sekolah. Kenapa? Karena besoknya libur, nggak masuk kerja, nggak masuk sekolah atau kuliah karena weekend. Makanya, kata-kata TGIF (Thanks God It’s Friday) sangat digemari oleh mereka saat itu sudah menjelang hari Jumat. Namun, tahukah kalian Jum’at di minggu pertama bulan April tahun 2015 ini adalah Jumat yang berbeda. Kenapa? Karena Jum’at hari ini adalah hari raya Jum’at Agung. Apa itu hari raya Jum’at Agung?

Jumat Agung

Jumat Agung – Ist

Zaman dahulu, Yesus Kristus lahir ke dunia. Ia datang ke dunia, lahir dengan tujuan tertentu bukan sembarang. Yesus Kristus lahir di tempat yang sangat sederhana, yaitu di dalam kandang domba, dan tempat berbaringnya adalah di dalam palungan. Yesus Kristus lahir dari seorang dara atau perawan yang bernama Maria tanpa adanya persetubuhan. Di dalam Alkitab dicatatkan, bahwa Yesus datang ke dunia untuk membawa kabar baik dan menyelamatkan umat manusia. Karena Yesus diutus oleh Sang Bapa dari Sorga untuk menebus dosa seluruh umat manusia.

Bagaimana caranya? Seperti orang sekarang suka bilang, uang ganti uang, nyawa ganti nyawa. Begitu juga dengan yang dialami Yesus, demi menebus dan menyelamatkan manusia di dunia ini dari segala dosanya, Tuhan Yesus Kristus harus rela mati demi penebusan kita karena itulah syarat utama. Yesus mati dengan cara disalibkan, dimana saat itu, penyaliban adalah hukuman untuk mereka yang melakukan kejahatan. Yesus tidak pernah melakukan kejahatan, malahan ia mengabarkan injil dan berita keselamatan, serta mengajarkan umat manusia tentang cara hidup yang baik dan berkenan bagi Tuhan tujaunnya agar kita siap untuk masuk sorga yang kekal.

Walaupun Yesus sudah ditakdirkan oleh Bapa di sorga untuk mati dengan cara disalibkan, Yesus tidak melawan, ia menyerahkan tubuhnya untuk mengganti kita Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Karena itu, saat Yesus mati, diperingati sampai saat ini dengan hari Jumat Agung yang dirayakan oleh umat Kristiani dan Katolik di seluruh dunia.

Penulis: -Secret OL-

Artikel lainnya: 8 Tradisi Paskah Terunik di Dunia

Comment di sini