Apa Itu Hari Kamis Putih?

by
April 1st, 2015 at 11:25 am

CiriCara.com – Sepanjang minggu pertama bulan April merupakan minggu yang sangat dinanti terutama oleh kaum kristiani dan katolik di seluruh dunia. Karena mereka akan menyambut hari raya besar mengenai Yesus Kristus. Hari-hari yang diperingati itu adalah hari Kamis Putih, Jum’at Agung dan Paskah. Apa sih hari Kamis Putih itu? Apa yang membedakannya dibanding dengan hari-hari lain? Apa yang membedakannya dibanding hari Kamis yang lain?

Kamis Putih

Kamis Putih – Ist

Intinya minggu ini adalah untuk mengenang mengenai Yesus Mati dan kemudian bangkit pada hari yang ketiga seperti yang sudah terjadi dan tertulis di dalam Alkitab. Yesus mempunyai dua orang belas murid yang setia mengikutinya. Ia begit mengasihi setiap daripada mereka. Yesus selalu mengajarkan keteladana yang baik bagi mereka menurut kehendak Bapa di sorga.

Yesus adalah Tuhan Yang Maha Tahu. Ia sebenarnya sudah tahu, bahwa pada usianya yang ke tiga puluh tiga tahun, misinya di bumi sudahs elesai karena itu ia harus mengakhirinya. Yesus tahu, cara hidupnya berakhir di dunia ini adalah melalui penyaliban, dimana itu merupakan hukuman yang paling menyeramkan zaman itu.

Namun, Yesus tunduk kepada kehendak Bapa di Sorga sehingga ia tetap menerimanya walaupun sebagai Tuhan, namun Yeuss juga adalah manusia yang mempunyai rasa takut. Ia pernah berkata sebelum saatnya ia ditangkap untuk diadili, “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-KU, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Namun, karena ia tidak melawan Bapa di sorga, jadi ia tetap menerima hal itu. Sehari sebelum penyaliban itu, Yesus berkumpul bersama murid-murid-Nya. Disana mereka melakukan perjamuan dengan memecah roti dan minum anggur bersama. Hal itulah juga yang menjadi peringatan terakhir dan hingga kini terus dilakukan oleh setiap gereja pada setiap bulannya yaitu melakukan perjamuan kudus karena mengingat teladan Yesus di hari terakhir sebelum Ia diserahkan untuk diadili.

Hari Kamis Putih membawa makna yang dalam bagi penyaliban Yesus. Karena itu, hari Kamis Putih diperingati sebagai hari penting bagi umat Kristiani dan Katolik yang menyembh Yesus Kristus atau Isa Almasih.

Penulis: -Secret OL-

Artikel lainnya: Jadwal Misa Pekan Suci 2015 di Jakarta.

Comment di sini