Manfaat Kecantikan dengan Pepaya

by
April 1st, 2015 at 11:35 am

CiriCara.com – Tahukah kamu, kadar vitamin C dalam buah pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel. Ditambah lagi dengan kemampuan cerna enzim pepaya, dapat dengan cepat mengeluarkan racun dalam tubuh. Enzim yang terkandung dalam buah ini dapat mendorong proses metabolisme kulit, membantu melumerkan lapisan kulit, dan zat tanduk penuaan yang tertimbun di pori-pori, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Pepaya

Pepaya – Ist

Di negeri Miss Universe, Venezuela, kulit wanita-wanita cantik ini selalu tampak cerah dan penuh vitalitas. Ini karena mereka sangat terampil memakai pepaya untuk merawat kulitnya. Misalnya, masker pepaya dicampur dengan buah persik. Buah pepaya dan persik dibuang kulitnya, kemudian ditumbuk mengental, lalu dicampur dengan madu. Jadi, tak heran jika Venezuela adalah gudangnya wanita cantik.

Buah pepaya bermanfaat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengonsumsi buah pepaya muda, kita dapat mendapatkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

Pepaya dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita.

Buah ini juga aktif sebagai detoksifikasi (pengeluaran racun) sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori, sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajinlah memakai masker buah papaya.

Pepaya dapat digunakan sebagai obat jerawat. Bagi kaum hawa yang merasa kurang pede dengan jerawat di muka, daun pepaya adalah solusinya, yakni masker daun pepaya! Resepnya, ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian, daun tadi dijemur hingga layu ,setelah itu dihaluskan. Jangan lupa menambahkan satu setengah sendok air bersih. Lalu, gunakan sebagai masker secara rutin hingga jerawat hilang.

Dulu, banyak wanita yang memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati rasa nyeri ketika haid. Resepnya, satu lembar daun muda, ditambahkan asam jawa dan garam. Lalu, campurkan dengan segelas air dan direbus. Setelah mendidih, ambil airnya dan tambahkan 2 sendok madu dan bisa diminum setelah dingin.

Penulis: Khaeriya

Artikel lainnya: Tips Menanam Jenis Pepaya California

Comment di sini