Negara yang Tak Beri Ampun Pengedar Narkoba

by
April 1st, 2015 at 2:15 pm

CiriCara.com – Kemarin didapat kabar, bahwa 10 tahanan kasus narkotika yang ditahan di Badan Nasional Narkotika, kabur dari tahanan. Mereka berhasil kabur, setelah sukses menjebol tembok ruang tahanan. Mereka pun kini jadi buruan aparat, terutama BNN.

narkoba

Narkoba – Ist

Namun bicara tentang hukuman bagi pelaku kejahatan narkotika di Indonesia, tak main-main. Hukuman maksimalnya adalah hukuman mati. Dan, dari 6 terpidana mati yang beberapa waktu lalu sudah dieksekusi, sebagian besar adalah yang terlibat kasus peredaran narkotika. Begitu juga dengan 11 terpidana mati yang akan dieksekusi, rata-rata memang terlibat kasus narkotika, selain kasus pembunuhan.

Presiden Joko Widodo sendiri menegaskan, bahwa diterapkannya hukuman mati adalah untuk memberi efek jera. Pertimbangannya, Indonesia sudah darurat narkoba, dimana 40 hingga 50 orang mati karena barang haram tersebut. Meski mendapat banyak tentangan, dari para aktivis penggiat HAM dan juga beberapa kepala pemerintahan negara lain, tapi pemerintah tetap akan melaksanakan eksekusi hukuman mati.

Tapi, tak hanya Indonesia yang tak memberi ampun bagi para pelaku kejahatan narkotika. Beberapa negara lain juga, menerapkan hal yang sama, sama sekali tak montolerir sedikit pun kejahatan narkotika. Hukuman mati pun dipilih, sebagai cara untuk memberi efek jera, sekaligus tabuh genderang perang terhadap kejahatan narkotika yang sudah kian mengkhawatirkan dunia.

Malaysia adalah salah satu negara yang tak memberi ampun kepada pengedar narkotika. Bahkan bagi siapa pun yang kedapatan bawa barang haram tujuh ons seperti ganji, hukuman mati sudah menunggu. Atau mereka yang membawa setengah ons heroin, dipastikan tak bisa lepas dari vonis hukuman mati. Dengan cara apa hukuman mati di negeri jiran tetangga dekat Indonesia itu diterapkan? Metode hukuman mati yang diterapkan tak seperti Indonesia, yang memakai metode hukuman mati dengan cara ditembak. Di Malaysia, hukuman mati dilakukan dengan cara digantung. Jadi hukuman gantung yang dipilih Malaysia untuk mengeksekusi terpidana mati di negara tersebut.

Negara lain yang tak memberi ampun para pengedar narkotika adalah Iran. Tentang hukuman mati di Iran, saya pernah baca sebuah ulasan di sebuah situ. Di situs tersebut diulas bahwa 500 orang yang terbukti jadi pengedar narkoba, di eksekusi tiap tahunnya. Wow, membaca itu saya merinding. Indonesia tentu bukan apa-apanya di
Bayangkan 500 orang yang dieksekusi.

Arab Suadi juga jadi negara yang keras terhadap kejahatan narkotika. Di negara ini mereka yang kedapatan memakai apalagi mengedarkan akan diancam dengan hukuman berat. Salah satunya diancam dengan hukuman mati

Negara lainnya yang tak memberi ampun bagi pengedar narkotika, adalah Cina atau biasa pula disebut Tiongkok. Di negeri tirai bambu tersebut, kejahatan narkotika, adalah salah satu kejahatan dengan hukuman maksimal yaitu hukuman mati. Bahkan sudah banyak para pengedar juga bandar narkotika yang menemui ajalnya, karena eksekusi hukuman mati.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel lainnya: Ciri-Ciri Pengguna Narkoba

Comment di sini