Oat Shoes, Sepatu yang Dapat Berubah Jadi Bunga

by
April 1st, 2015 at 2:02 pm

CiriCara.com – Sepatu modis dan stylish, itu sudah biasa. Tapi jika sepatu modis, sekaligus ramah lingkungan, barulah tak biasa! Di luar negeri, ada jenis sepatu yang bisa difungsikan untuk menanam pohon. Yap, sepatu ini dapat berubah menjadi tanaman yang cantik jika rajin disiram, lho!

sepatu oat

OAT Shoes – Ist

Oat Shoes adalah sepatu yang modis dan ‘hijau’ yang didesain oleh Christian Maats dan Dirk Jan Oushoorn karena kepedulian mereka terhadap dunia fesyen yang terus berkembang namun tak banyak yang ramah lingkungan.

Sepatu ramah lingkungan ini berbahan dasar material biodegradable dari tumbuhan yang dapat dihancurkan oleh bakteri di dalam tanah. Sehingga, sepatu ini dapat dengan mudah diuraikan oleh alam ketika sepatu ini rusak atau tidak bisa digunakan lagi.

Dalam proses pembuatannya, bakteri yang mampu mengubah struktur metabolisme material dimasukkan ke dalam sepatu. Sehingga, terciptalah bahan yang sifatnya mirip dengan humus yang mudah dihancurkan oleh bakteri di dalam tanah.

Selain itu, di dalam Oat Shoes, terdapat bibit tanaman. Unik, ya? Apabila sepatu ini telah rusak, cukup dikubur saja di dalam tanah. Kemudian, disirami dengan air secara rutin layaknya menyiram tanaman. Perlahan, bibit tanaman yang ada di dalamnya akan tumbuh, sementara sepatunya akan hancur perlahan. Jadi, limbah sepatu bekas tak akan mencemari lingkungan. Genius!

Oat Shoes yang ‘go green’ ini membuahkan penghargaan Green Fashion Competition yang dihelat di Amsterdam International Fashion Week pada tahun 2011 silam. Bagaimana kawan-kawan, apakah kamu tertarik untuk membeli sepatu unik ini? Untuk kamu yang ingin tampil modis namun tetap peduli pada alam, Oat Shoes ini adalah pilihan yang tepat.

Namun, Oat Shoes bukanlah satu-satunya sepatu ‘go green’ di Belanda. Karena, di Negeri Kincir Angin itu telah ada sepatu klompen sejak dahulu kala. Klompen khas Belanda terbuat dari bahan kayu ringan yang dihias warna-warni dengan motif khas Belanda, seperti gambar kincir angin dan bunga tulip.

Selain difungsikan sebagai alas kaki, banyak juga orang Belanda yang mengubah fungsi klompen menjadi pot tanaman bunga untuk digantung di dinding. Unik, bukan?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini