Sedia Informasi, Sebelum Ber-backpacker-an Ke Australia

by
April 1st, 2015 at 12:00 pm

CiriCara.com – Mau melancong ke negeri Kanguru, Australia? Mau menikmati alam eksotisnya di taman-taman nasionalnya yang fenomenal, atau melihat suku Aborigin memainkan alat khasnya, bumerang? Baiknya cari informasi memadai dulu, agar tak kosong informasi.

liburan seru

Liburan ala Backpakcker – Ist

Ya, setiap bepergian sepertinya wajib hukumnya mengetahui informasi daerah atau tempat yang akan kita kunjungi. Referensi, sangat penting agar kita tak sesat di jalan. Atau minimal kita tak banyak melongo karena tak tahu apa-apa. Tidak enak-kan bila jalan-jalan kita sering banyak nanya. Karena itu persiapan sangat penting. Bukan hanya menyiapkan budget dan perlengkapan, tapi yang tak kalah penting, menyiapkan diri kita siap dengan segala informasi yang sangat kita butuhkan dari daerah atau tempat yang hendak kita tuju.

Apalagi, bila kepergian itu tujuannya untuk senang-senang alias berlibur. Tentu harus disiapkan segala sesuatunya, termasuk informasi dari tempat yang hendak jadi tujuan berlibur. Berapa budget di kantong, lalu dengan budget itu kita bisa nginep dimana saja, naik apa selama di sana, tempat makan, tempat wisata dan tetek bengek lainnya, harus kita ketahui. Ya, sederhananya kita butuh semacam panduan.

Dan, semua itu bisa kita dapatkan, entah itu dari informasi yang disampaikan teman, dari internet, atau dari buku. Panduan itu sangat penting, apalagi yang hendak kita tuju adalah negeri orang. Tidak enak kan, berwisata bila otak kita minim informasi. Bisa berabe bin ribet. Terlebih lagi bila kita pergi dengan menyandang status sebagai turis backpacker. Tentu setiap sen dana mesti diperhitungkan.

Nah, ada buku yang bisa dipakai sebagai bahan referensi untuk mereka yang berniat backpackeran ke Australia. Judul bukunya, “Backpacking Hemat ke Australia”. Buku ini ditulis oleh Dyah Messwati, wartawan Kompas. Buku ini berisikan pengalaman Dyah melanglang ke Australia.

Di buku ini banyak kisah, serta kiat dari Dyah berbackpackeran di Negeri Kanguru. Bagaimana pergi dengan cara hemat, diulas dengan gaya bertutur oleh Dyah. Menariknya, buku ini berdasarkan pengalaman langsung dari sang penulis. Artinya, memang dialami langsung oleh si penulis. Bukan cerita berdasarkan omongan orang, atau informasi pihak ketiga.

Di buku itu, Dyah mengungkapkan salah satu kiat wisata hemat tapi mengasyikan di Australia. Misalnya kiat menghemat biaya menginap. Salah satu caranya adalah dengan tinggal bersama warga setempat atau biasa di sebut dengan hospitality exchange atau jaringan silaturahim. Dyah mempraktekan itu. Dan, dia merasakan betul cara tersebut, bukan hanya bisa menginap gratis, tapi dia juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk lokal, bertukar budaya dan mengenal lebih dekat mereka. Jadi baiknya memang sedia informasi, sebelum berbackpackeran.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini